Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/05/2022, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

Sumber Kemdikbud

KOMPAS.com - Ruang adalah tempat di Bumi yang mencakup wilayah perairan, daratan, dan udara, baik keseluruhan maupun yang hanya digunakan sebagai tempat tinggal makhluk hidup.

Seluruh ruang di Bumi pasti saling berkaitan satu sama lain. Sebab tak ada satu pun ruang yang bisa memenuhi kebutuhannya sendiri.

Inilah yang kemudian melahirkan interaksi antarruang.

Interaksi antarruang adalah hubungan timbal balik antara dua wilayah atau lebih yang disebabkan oleh perbedaan karakteristik ruang.

Dikutip dari buku Pembelajaran Siswa Berbasis Literasi Sebuah Alternatif Pembelajaran di Era Milenial (2021) oleh Jajat Munajat, interaksi antarruang merupakan pergerakan orang, barang, atau informasi dari satu daerah ke daerah lainnya.

Ada tiga jenis faktor interaksi antarruang, yakni saling melengkapi, kesempatan antara, serta kemudahan transfer.

Baca juga: Interaksi Antarruang dan Bentuknya

Berikut penjelasannya:

Saling melengkapi (complementarity)

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), saling melengkapi berarti antarruangan saling membutuhkan satu sama lain.

Kondisi ini dapat terjadi ketika suatu daerah memiliki komoditas, sumber daya alam, atau potensi yang berbeda dengan wilayah lainnya.

Umumnya complementarity berlangsung ketika suatu wilayah memiliki kelebihan produksi komoditas, sementara daerah lainnya membutuhkan komoditas tersebut. Sehingga terjadilah interaksi antarruang di kedua daerah tersebut.

Kesempatan antara (intervening opportunity)

Merupakan suatu kawasan yang menawarkan sejumlah alternatif lebih baik, sebagai tempat asal atau tujuan.

Jenis faktor interaksi antarruang ini terjadi ketika ada penawaran alternatif, di mana suatu wilayah menawarkan pilihan jauh lebih baik dari ruang asal atau tujuannya.

Kemudahan transfer (transferability)

Bisa juga diartikan sebagai keadaan yang dapat diserahkan atau dipindahkan.

Baca juga: Contoh Penerapan Konsep Interaksi Antarruang

Kemudahan transfer berperan sangat penting dalam menciptakan interaksi antarruang. Adapun perpindahan atau transfer ini bisa dilakukan melalui berbagai cara.

Sebagai contoh pengangkutan barang atau orang dari suatu daerah ke daerah lainnya yang bisa dilakukan melalui transportasi darat, laut, maupun udara. Tentu transfer ini membutuhkan biaya.

Apabila ternyata biaya yang diperlukan jauh lebih tinggi dibanding keuntungan yang didapat, interaksi antarruang tak akan terjadi lagi.

Adapun kemudahan transfer sebagai salah satu jenis faktor interaksi antarruang sangat dipengaruhi oleh ketersediaan infrastruktur, yakni sarana dan prasarana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Kemdikbud
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com