Kompas.com - 13/05/2022, 21:00 WIB
Ilustrassi potensi sumber daya alam di benua amerika KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrassi potensi sumber daya alam di benua amerika

KOMPAS.com - Benua Amerika terletak di antara Samudra Atlantik dan Samudera Pasifik. Nama Benua Amerika diambil dari penjajah yang mempopulerkan benua ini ke Eropa, yaitu Amerigo Vespucci. 

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, benua ini umumnya terbagi menjadi tiga, yakni Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. 

Benua Amerika terletak antara 83°LU - 55°LS dan 170° BT - 35° BB. Secara geografis letak Benua Amerika berbatasan dengan Samudera Pasifik dan Laut Bering di sebelah barat. 

Di sebelah timur berbatasan dengan Samudera Atlantik dan Laut Karibia, sebelah utara berbatasan dengan Laut Es dan Selat Davis. Sedangkan di sebelah selatan berbatasan dengan Laut Kutub Selatan.

Baca juga: Daftar Negara di Amerika dan Ibu Kotanya

Berikut beberapa potensi sumber daya alam yang ada di Benua Amerika dikutip dari The Balance, yaitu: 

Pertanian dan agrikultur 

Hasil pertanian di Benua Amerika adalah padi,kapas, kopi, dan gula. Di mana hasil pertanian tersebut tersebar di berbagai negara di Benua Amerika. 

Negara penghasil padi di Benua Amerika, yaitu Georgia, Carolina, Texas, Louisiana, dan California.

Kemudian penghasil gula berada di Hawai, Mississippi, Louisiana, Karibia, dan Kuba. Penghasil kopi ada di Guatemala, Argentina, Kolumbia, dan El Salvador. 

Sedangkan negara penghasil kapas ada di Arkansas, Nevada, Georgia, Alabama, Louisiana, Oklahoma, dan Texas.  

Pertambangan 

Potensi tambang yang ada di Benua Amerika adalah batubara, emas, perak, gas alam, dan minyak bumi. Daerah penghasil batubara di Benua Amerika yaitu Pegunungan Appalachia, Chile. 

Sedangkan penghasil emas dan perak di Meksiko dan Missouri. Untuk hasil gas alam dan minyak bumi terdapat di negara Meksiko dan Venezuela. 

Baca juga: Letak Astronomis dan Iklim Amerika Serikat

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.