Kompas.com - 17/05/2022, 11:20 WIB

KOMPAS.com – Bakteri adalah makhluk hidup yang memiliki sel dan organel penyusunnya. Apakah sel bakteri memiliki ribosom? Bakteri memiliki ribosom. Ribosom bakteri berfungsi sebagai tempat sintesis protein.

Ribosom adalah organel sel yang pening bagi bakteri maupun makhluk hidup lainnya. Dilansir dari Biology LibreTexts, sebuah bakteri diperkirakan memiliki sekitar 15 ribu ribosom dalam tubuhnya.

Karena bakteri merupakan sel prokariotik, maka ribosomnya memiliki ukuran lebih kecil daripada ribosom sel eukariotik.

Untuk lebih mengetahui tentang ribosom pada bakteri, berikut adalah penjelasannya!

Baca juga: Struktur Sel Prokariotik

Struktur ribosom bakteri

Menurut Barbara S. Schuwirth, dkk dalam jurnal Structure of the Bacterial Ribosome at 3.5 A Resolution (2005), ribosom bakteri memiliki ukuran sebesar 21 nanometer dan memiliki inti fungsional RNA yang ditingkatkan oleh protein ribosom dan faktor aksesori.

Ribosom bakteri berada di dalam sitoplasma dan memiliki bentuk bola atau bola yang agak datar.

Dilansir dari Department of Chemistry and Biochemistry The University of Maryland, struktur ribosom bakteri terdiri dari dua sumunit yang dilambangkan dengan 30S (subunit kecil) dan 50S (subunit besar).

Subunit kecil (30S) dan subunit besar (50S) ribosom bakteribiochem.umd.edu Subunit kecil (30S) dan subunit besar (50S) ribosom bakteri

Baca juga: Klasifikasi Bakteri

Fungsi ribosom bakteri

Fungsi ribosom pada sel bakteri adalah translasi RNA dan sintesis atau pembuatan protein.

Translasi RNA

Dilansir dari Brooklyn College, subunit kecil ribosom bakteri (30S) memiliki celah di sepertiga bagian atasnya. Celah tersebut merupakan situs pengikatan mRNA yang dikirim oleh nukleus.

mRNA atau RNA messenger adalah materi genetik bakteri yang bertugas menyampaikan cetak biru protein yang diperlukan oleh nukleus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.