Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonomi Manajemen: Definisi dan Prinsipnya

Kompas.com - 11/04/2022, 12:30 WIB
Rita Puspaningsih,
Vanya Karunia Mulia Putri

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Ekonomi adalah kegiatan atau usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Hampir semua aktivitas manusia berkaitan dengan ekonomi.

Sementara manajemen merupakan aktivitas memimpin, mengendalikan, mengelola, mengatur, dan meningkatkan suatu perusahaan.

Kesimpulannya, ekonomi manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, serta pengawasan berbagai usaha anggota organisasi, berikut dengan pemakaian sumber dayanya, guna meraih tujuan yang telah ditetapkan.

Sektor ekonomi dan manajemen memang tidak dapat dipisahkan. Karena dalam ekonomi ada ilmu manajemen yang tertata.

Misalnya kondisi ekonomi perusahaan yang sedang turun. Dalam hal ini, ilmu manajemen digunakan untuk membuat perencanaan dan pengarahan, agar ekonomi perusahaan kembali stabil.

Baca juga: 4 Proses Manajemen dalam Perusahaan

Dikutip dari buku Ekonomi Manajerial (2018) karangan Usep Sudrajat dan Suwaji, berikut pengertian ekonomi manajemen:

Definisi ekonomi manajemen

Secara konsep, seluruh aktivitas manusia berhubungan dengan ekonomi. Karena aktivitas manusia berhubungan dengan kebutuhan serta keinginan.

Ekonomi manajemen biasa juga disebut ekonomi manajerial. Karena manajerial merupakan kata sifat dari manajemen. Manajerial adalah sebuah pengelolaan.

Manajerial artinya bagaimana membuat proses, mengambil keputusan, dan menjalankan suatu kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu. Manajerial berguna untuk mencari solusi atau alternatif dalam menggapai sebuah tujuan.

Bisa disimpulkan bahwa ekonomi manajerial atau manajemen merupakan cabang ilmu ekonomi yang menerapkan teori ekonomi, guna membahas bagaimana perusahaan mencapai tujuannya.

Berikut beberapa definisi ekonomi manajemen menurut para ahli:

Evan J. Douglas

Ekonomi manajerial adalah cabang ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan penerapan prinsip metodologi ekonomi, dalam proses pengambilan keputusan perusahaan atau organisasi.

Baca juga: Ekonomi Internasional: Pengertian dan 3 Bentuk Hubungannya

Dominick Salvatore

Menurut Dominick Salvatore, ekonomi manajerial adalah pengetahuan yang menunjukkan adanya aplikasi teori ekonomi dan analisis pengetahuan pengambilan keputusan, yang menelaah bagaimana organisasi dapat mencapai tujuannya.

Michael R Baye

Ekonomi manajerial merupakan ilmu bagaimana memimpin pengelolaan tujuan yang berhasil dengan sumber daya terbatas secara efisien.

John D. Millet

Menurut John D. Millet, manajemen merupakan proses dalam membagikan arahan pekerjaan kepada orang dalam organisasi untuk menggapai tujuan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com