Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ekonomi Manajemen: Definisi dan Prinsipnya

Sementara manajemen merupakan aktivitas memimpin, mengendalikan, mengelola, mengatur, dan meningkatkan suatu perusahaan.

Kesimpulannya, ekonomi manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, serta pengawasan berbagai usaha anggota organisasi, berikut dengan pemakaian sumber dayanya, guna meraih tujuan yang telah ditetapkan.

Sektor ekonomi dan manajemen memang tidak dapat dipisahkan. Karena dalam ekonomi ada ilmu manajemen yang tertata.

Misalnya kondisi ekonomi perusahaan yang sedang turun. Dalam hal ini, ilmu manajemen digunakan untuk membuat perencanaan dan pengarahan, agar ekonomi perusahaan kembali stabil.

Dikutip dari buku Ekonomi Manajerial (2018) karangan Usep Sudrajat dan Suwaji, berikut pengertian ekonomi manajemen:

Definisi ekonomi manajemen

Secara konsep, seluruh aktivitas manusia berhubungan dengan ekonomi. Karena aktivitas manusia berhubungan dengan kebutuhan serta keinginan.

Ekonomi manajemen biasa juga disebut ekonomi manajerial. Karena manajerial merupakan kata sifat dari manajemen. Manajerial adalah sebuah pengelolaan.

Manajerial artinya bagaimana membuat proses, mengambil keputusan, dan menjalankan suatu kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu. Manajerial berguna untuk mencari solusi atau alternatif dalam menggapai sebuah tujuan.

Bisa disimpulkan bahwa ekonomi manajerial atau manajemen merupakan cabang ilmu ekonomi yang menerapkan teori ekonomi, guna membahas bagaimana perusahaan mencapai tujuannya.

Berikut beberapa definisi ekonomi manajemen menurut para ahli:

Evan J. Douglas

Ekonomi manajerial adalah cabang ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan penerapan prinsip metodologi ekonomi, dalam proses pengambilan keputusan perusahaan atau organisasi.

Dominick Salvatore

Menurut Dominick Salvatore, ekonomi manajerial adalah pengetahuan yang menunjukkan adanya aplikasi teori ekonomi dan analisis pengetahuan pengambilan keputusan, yang menelaah bagaimana organisasi dapat mencapai tujuannya.

Michael R Baye

Ekonomi manajerial merupakan ilmu bagaimana memimpin pengelolaan tujuan yang berhasil dengan sumber daya terbatas secara efisien.

John D. Millet

Menurut John D. Millet, manajemen merupakan proses dalam membagikan arahan pekerjaan kepada orang dalam organisasi untuk menggapai tujuan.

George R. Terry

Manajemen yang pencapaian tujuannya telah ditetapkan dengan menggunakan aktivitas orang lain.

Prinsip ekonomi manajemen

Dikutip dari buku Ekonomi Manajerial (2021) karangan Darwin Damanik dkk, prinsip ekonomi manajemen adalah:

Ilmu ekonomi

Prinsip dasar teori ekonomi ini berguna untuk memprediksi serta menerangkan tingkah laku ekonomi.

Ilmu ekonomi biasanya diawali dengan suatu model, di mana model ini nantinya akan menggambarkan sebuah peristiwa serta mengenali berbagai aspek di dalamnya.

Teori ekonomi ini dibagi menjadi dua prinsip, yakni ekonomi mikro dan ekonomi makro. Keduanya berperan penting dalam ekonomi manajemen.

Ekonomi mikro mempelajari tingkah laku ekonomi secara individu. Sebaliknya, ekonomi makro berkaitan dengan output, pemasukan, investasi, totalitas harga, ataupun harga total.

Ilmu pengambilan keputusan

Ilmu ini memberi kerangka teoretis dalam menganalisis masalah pengambilan keputusan ekonomi manajemen.

Ketika mengambil keputusan dalam ekonomi manajemen, dibutuhkan perangkat, yaitu matematika ekonomi dan ekonometrik.

Kedua ilmu itu bermanfaat untuk membentuk dan melakukan estimasi model pada industri secara maksimal.

Ilmu matematika digunakan untuk membentuk model ekonomi yang dipaparkan dalam teori ekonomi atau ekonometrik.

Model ini memakai perlengkapan statistik, guna memperkirakan model yang diminta, yaitu tentang peramalan atau estimasi.

Oleh karena itu, sebagian besar masalah pengambilan keputusan mencakup kegiatan dan peristiwa yang akan terjadi.

Ilmu administrasi bisnis

Ilmu ini digunakan untuk mengendalikan administrasi yang berbentuk pengorganisasian  dalam industri maupun proyek yang tengah dikerjakan.

Dalam ekonomi manajemen, ilmu ini memiliki kedudukan yang cukup tinggi.

Ketika menganalisis penafsiran ekonomi manajemen, dapat dikatakan sebagai kombinasi antara teori ekonomi dengan praktiknya.

Sehingga mayoritas pihak yang menggunakan sistem ini sanggup memastikan keputusannya, dan membuat perencanaan untuk masa mendatang.

Misalnya pelaku bisnis yang sangat merasakan manfaat dari ekonomi manajemen, khususnya dalam antisipasi dan prediksi beberapa hal yang mungkin menjadi kendala dalam perusahaan.

Selain itu, sistem ekonomi manajemen juga mampu merangsang peningkatan kemampuan dalam proses analisis masalah ekonomi yang sedang dihadapi.

Tidak hanya perusahaan atau organisasi profit (bisnis) yang bisa menggunakan sistem ekonomi manajemen. Karena sistem ini juga bisa dimanfaatkan oleh lembaga non-profit.

https://www.kompas.com/skola/read/2022/04/11/123000669/ekonomi-manajemen-definisi-dan-prinsipnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke