Kompas.com - 18/05/2022, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, surat kabar atau koran diartikan sebagai lembaran-lembaran kertas bertuliskan berita dan sebagainya. 

Topik dalam surat kabar bisa beragam, mulai dari politik, kriminal, olahraga, cuaca, tajuk rencana, dan masih banyak lainnya. 

Jenis surat kabar biasanya diterbitkan setiap hari, karena banyak sekali informasi baru di setiap harinya. Namun, ada juga yang diterbitkan mingguan dan biasanya bersifat hiburan. 

Pengertian surat kabar

Berikut beberapa pengertian surat kabar, yakni: 

Kurniawan Junaidi 

Dikutip dari buku Ensiklopedi Pers Indonesia (1991) oleh Kurniawan Junaidi, surat kabar adalah sebutan bagi penerbitan pers yang masuk dalam media massa tercetak. 

Berupa lembaran berisi tentang berita-berita, karangan-karangan dan iklan, serta diterbitkan secara berkala, bisa harian, mingguan, bulanan. 

Diedarkan secara umum, isinya harus aktual, bersifat universal. Maksudnya, pemberitaan harus bersangkut-paut dengan manusia dari berbagai golongan dan kalangan. 

Baca juga: 5 Karakteristik Surat Kabar beserta Penjelasannya

Onong Uchjana Effendy

Surat kabar adalah lembaran tercetak yang memuat laporan yang terjadi di masyarakat dengan ciri-ciri terbit secara periodik, bersifat umum, isinya termasa dan aktual mengenai apa saja dan di mana saja di seluruh dunia untuk diketahui pembaca, merupakan pendapat dari Onong Uchjana Effendy. 

Seperti dilansir dari bukunya Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi (1993), arti penting surat kabar terletak pada kemampuannya untuk menyajikan berita-berita dan gagasan tentang perkembangan masyarakat, yang dapat memengaruhi kehidupan modern saat ini. 

Sehingga hampir sebagian besar masyarakat menggantungkan dirinya kepada pers untuk memperoleh informasi. 

Halaman:

Video Pilihan

Sumber KBBI
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.