Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Definisi Konflik Sosial dan Contohnya

Kompas.com - 19/04/2024, 08:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Konflik sosial adalah pertentangan antara kedua belah pihak yang bisa terjadi dengan atau tanpa disertainya kekerasan.

Artikel ini akan membahas definisi konflik sosial dan contoh konflik sosial secara umum. Simak penjelasannya di bawah ini!

Definisi konflik sosial

Ilustrasi konflik kepentinganDok. Shutterstock Ilustrasi konflik kepentingan

Menurut Budi Sunarso dalam buku Resolusi Konflik Sosial (2023), konflik sosial adalah pertentangan yang diawali dari persepsi bahwa kelompok lain memengaruhi secara negatif.

Definisi konflik sosial adalah pertentangan kedua belah pihak yang bertujuan mempertahankan kelangsungan hidup kelompoknya sendiri.

Dikutip dari buku Pengantar Ringkas Sosiologi (2020) oleh Elly M. Setiadi, berikut definisi konflik sosial:

Baca juga: 5 Contoh Konflik Sosial di Indonesia

"Konflik sosial adalah perselisihan atau persengketaan antara kedua belah pihak yang sama-sama ingin saling menjatuhkan." 

Berdasarkan pengertian tersebut, bisa kita lihat bahwa konflik sosial tidak selalu berbentuk kekerasan. Perbedaan pendapat pun juga tergolong konflik sosial.

Kesimpulannya, definisi konflik sosial adalah pertentangan, perselisihan, atau persengketaan antara kedua belah pihak yang bersifat negatif.

Contoh konflik sosial

Myanmar telah dilanda konflik selama hampir tiga tahun.AP PHOTO via DW INDONESIA Myanmar telah dilanda konflik selama hampir tiga tahun.

Dilansir dari buku Pendidikan Karakter untuk Menjawab Resolusi Konflik (2022) karya Laros Tuhuteru, salah satu contoh konflik sosial adalah konflik antara karyawan dengan atasan.

Konflik antara pemerintah dengan rakyat juga termasuk salah satu contoh konflik sosial yang bisa terjadi dalam masyarakat.

Baca juga: Contoh Soal UAS Sosiologi: Konflik Sosial

Berikut beberapa contoh konflik sosial yang mungkin sering terjadi di lingkungan sekitar kita:

  • Bentrok antara polisi dengan masyarakat yang menolak digusur rumahnya
  • Perbedaan pemberian gaji kepada karyawan yang kedudukan dan tanggung jawabnya sama, hanya karena agama dan rasnya berbeda
  • Konflik antarsuku dan antaragama
  • Perpecahan kelompok akibat perbedaan pandangan
  • Konflik antaranggota masyarakat karena perbedaan pendapat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com