Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merek: Pengertian, Jenis, dan Manfaat

Kompas.com - 23/03/2024, 17:00 WIB
Fadila Rosyada Hariri,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Dalam dunia bisnis yang kompetitif, konsep merek memiliki peran yang sangat penting. Merek bukan hanya sekadar nama atau logo yang ditempelkan pada produk atau jasa, tetapi juga mencerminkan identitas, reputasi, dan nilai-nilai yang diusung oleh suatu perusahaan.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi pengertian, jenis, dan manfaat dari merek, yang merupakan inti dari strategi pemasaran yang sukses.

Pengertian merek

Menurut Keller dalam bukunya Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity (2013), merek adalah sebuah nama, istilah, simbol, atau desain, atau kombinasi dari semuanya, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi produk atau jasa dari satu penjual atau kelompok penjual dan untuk membedakannya dari pesaing.

Dilansir dari Investopedia, merek adalah produk atau bisnis yang memiliki identitas berbeda dalam persepsi konsumen. Dengan kata lain, merek adalah representasi visual dan verbal dari identitas suatu perusahaan yang membedakan produk atau jasanya dari yang lain di pasar.

Baca juga: Mengapa Brand Equity Penting bagi Perusahaan?

Jenis-jenis merek

Jenis merek yang digunakan tergantung pada entitas yang menggunakannya. Berikut beberapa bentuk merek yang paling umum:

  • Merek perusahaan (Corporate brand)

Corporate branding adalah cara bagi perusahaan untuk meningkatkan reputasi mereka dan membedakan diri dari pesaing di industri mereka. Harga, misi, target pasar, dan nilai-nilai perusahaan semuanya mencerminkan merek perusahaan.

  • Merek pribadi (Personal brand)

Media sosial memungkinkan orang biasa untuk menjadi influencer. Keberhasilan finansial mereka bergantung pada kemampuan mereka untuk menciptakan merek yang menarik audiens yang ingin dijangkau oleh pengiklan tertentu.

Kemampuan ini biasa disebuat personal branding. Personal branding dibangun melalui posting media sosial, berbagi gambar dan video, dan melakukan meet-and-greet.

Baca juga: 6 Tingkatan Pengertian Merek beserta Contohnya

  • Merek produk (Product brand)

Product branding adalah proses membangun dan mempromosikan identitas unik dan karakteristik produk atau jasa tertentu. Ini melibatkan penggunaan nama, logo, desain, dan elemen visual lainnya untuk membedakan produk dari pesaing di pasar dan menarik perhatian konsumen.

Manfaat merek

Manfaat merek atau brand memiliki dampak yang signifikan dalam dunia bisnis dan pemasaran. Berikut manfaat utama dari membangun merek yang kuat:

  • Pembeda dari pesaing

Merek yang kuat membantu produk atau layanan membedakan diri dari pesaing di pasar yang ramai. Ketika konsumen dihadapkan pada berbagai pilihan, merek yang kuat dapat menjadi faktor penentu dalam keputusan pembelian mereka.

Baca juga: Strategi Merek dalam Bisnis

  • Membangun kepercayaan

Merek yang memiliki reputasi baik cenderung membangun kepercayaan di antara konsumen. Ketika konsumen merasa yakin dengan merek, mereka cenderung lebih mungkin memilih produk atau layanan tersebut daripada merek yang kurang dikenal atau memiliki reputasi yang buruk.

  • Loyalitas pelanggan yang tinggi

Merek yang kuat dapat menciptakan hubungan yang kuat antara merek dan konsumen, yang kemudian mendorong loyalitas pelanggan jangka panjang.

Pelanggan yang loyal cenderung kembali membeli produk dari merek yang sama secara berkala, bahkan ketika ada pesaing yang menawarkan harga lebih rendah.

 

Artikel ini dibuat dengan bantuan artificial intelligence (AI). Dimohon untuk bijak memanfaatkan informasi. Jika Anda menemukan ada kesalahan informasi atau kesalahan konteks, silakan memberi tahu kami ke redaksikcm@kompas.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com