Kompas.com - 20/01/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.comBrand equity penting bagi perusahaan karena mampu meningkatkan loyalitas konsumen, memberi kredibilitas terhadap produk lain milik perusahaan, serta memperkuat merek di pasaran agar mampu bersaing dan selalu diingat konsumen.

Perusahaan dengan nilai brand equity (ekuitas merek) tinggi akan lebih mudah bersaing, punya keunggulan kompetitif yang baik dan berpeluang besar untuk tetap eksis di pasaran.

Dikutip dari buku Komunikasi Merek di Media Sosial dan Penerapannya pada TV Berita (2021) karya Hilda Rachmawati, ekuitas merek merupakan komponen penting yang mampu membuat sebuah merek menjadi berarti dan punya nilai lebih.

Alasan brand equity penting bagi perusahaan

Makin tinggi nilai ekuitas merek sebuah produk, merek tersebut akan kian dikenal dan dipilih konsumen dibanding produk lainnya yang serupa.

Menurut Darmadi Durianto, dkk dalam buku Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek (2004), brand equity bisa meningkatkan keberhasilan perusahaan dalam memikat serta mempertahankan konsumen.

Karena brand equity yang kuat mampu menghilangkan keraguan konsumen terhadap kualitas sebuah merek. Sehingga mereka termotivasi untuk membeli dan menggunakan produk tersebut.

Baca juga: Brand Equity sebagai Nilai Tambah Merek Produk

Brand equity penting bagi perusahaan karena bisa memperkuat merek di pasaran dan membuat konsumen selalu mengingat merek tersebut.

Lewat serangkaian riset ekuitas merek, perusahaan bisa melihat, mengembangkan, memperkuat, dan mempertahankan merek perusahaan di pasaran. Karena merek merupakan aset perusahaan yang sangat bernilai.

Selain itu, brand equity juga penting bagi perusahaan karena mampu meningkatkan loyalitas konsumen terhadap merek produk.

Dalam Buku Ajar Manajemen Produk dan Merek (2021) karya Tengku Firli Musfar, loyalitas merek memungkinkan konsumen melakukan pembelian atau transaksi ulang terhadap suatu merek produk.

Loyalitas tidak hanya berarti konsumen melakukan pembelian ulang, namun juga membuat konsumen rela mempromosikan merek tersebut dengan memberi rekomendasi atau anjuran kepada orang lain.

Bagi perusahaan, ekuitas merek juga berperan untuk memberi kredibilitas terhadap produk lain yang dikeluarkan perusahaan. Sehingga ketika diluncurkan di pasaran, konsumen yang sudah loyal dan percaya terhadap merek tersebut akan membeli produk dari merek yang sama.

Baca juga: Piramida Brand Awareness beserta Penjelasannya

Kesimpulannya, ada lima alasan mengapa brand equity sangat penting bagi perusahaan, yaitu:

  1. Ekuitas merek membuat sebuah merek makin dikenal dan dipilih konsumen.
  2. Brand equity mampu menghilangkan keraguan dalam diri konsumen, sehingga bisa meningkatkan keberhasilan perusahaan.
  3. Ekuitas merek penting karena bisa memperkuat merek di pasaran dan membuat konsumen selalu mengingat merek tersebut.
  4. Brand equity bisa meningkatkan loyalitas konsumen terhadap merek produk.
  5. Ekuitas merek berperan untuk memberi kredibilitas pada produk lain dari merek serupa yang dikeluarkan perusahaan.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.