Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Sampah Harus Ditangani secara Serius? Ini Penjelasannya ....

Kompas.com - 12/03/2024, 14:00 WIB
Retia Kartika Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Kesehatan tidak hanya menjadi tanggung jawab peribadi, namun menjadi tanggung jawab lingkungan dan penghuninya.

Untuk mendapatkan hidup yang sehat, kita harus menjaga lingkungan, salah satunya menangani sampah secara serius.

Berikut alasan mengapa kita harus menangani sampah secara serius:

Baca juga: Gas Rumah Kaca yang Dihasilkan dari Pembusukan Sampah

Penjelasan

Dilansir dari buku Bijak dan Cerdas Mengolah Sampah (2009) oleh Teti Suryati, kita harus menangani sampah secara serius karena tidak semua sampah bisa diolah dan memakan waktu yang lama.

Ranting, sabut dan tempurung kelapa, serta biji dan kulit salak, termasuk bahan yang sulit dikomposkan karena memakan waktu lama, sehingga harus disingkirkan.

Selain itu, beberapa jenis sampah harus ditangani secara khusus, seperti baterai bekas, pembalut wanita, dan popok bayi.

Baca juga: Jenis-jenis Sampah berdasarkan Klasifikasinya

Sampah-sampah di atas termasuk bahan berbahaya dan beracun (sampah B3), sehingga tidak dapat diolah.

Jadi, sampah tersebut harus langsung dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) untuk kemudian dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Barang-barang tersebut bisa membahayakan atau melukai orang dan beberapa jenis di antaranya bila hancur atau tercampur, bisa mencemari kompos.

Baca juga: Sampah Radioaktif: Pengertian, Sumber, Contoh, dan Bahayanya

Sampah di perkotaan

Dikutip dari buku Landasan dan Strategi Pengelolaan Sampah Perkotaan (2023) oleh I Wayan Budiarsa Suyasa, persampahan kota juga harus ditangani secara serius dan tuntas.

Diharapkan hal itu bisa terjangkau oleh pelayanan persampahan di kawasan permukiman yang padat penduduk dan kawasan yang cepat berkembang.

Sebab, biasanya TPA di suatu kota sudah melebihi desainnya atau dengan kondisi sudah penuh dan masih dipaksakan untuk tetap bisa menerima sampah baru.

Baca juga: Pengertian Sampah Menurut Ahli

Bahkan, menurut buku Solusi Pengelolaan Sampah Kota (2020) oleh Chandra Wahyu Purnomo, ada TPA yang mengubah sistem sanitary landfill menjadi open dumping karena bermasalah akibat biaya operasional dan meningkatnya volume sampah yang masuk per hari yang tidak sesuai dengan desain awalnya.

Terdapat pula permasalahan karena suatu daerah perkotaan tidak memiliki lahan TPA sehingga membeli atau menyewa lahan di daerah lain di luar teritorialnya.

Oleh karena itu, hal tersebut rawan akan permasalahan antardaerah dan protes warga.

Itulah penjelasan mengenai alasan mengapa kita harus menangani sampah secara serius.

Baca juga: Mengapa Sampah Plastik Dapat Mencemari Lingkungan? Ini Penjelasannya ....

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com