Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Tumbuhan Bernapas?

Kompas.com - 09/03/2024, 20:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Tumbuhan melepaskan oksigen yang kemudian digunakan manusia dan hewan untuk bernapas. Namun, apakah tumbuhan bernapas? Jawabannya adalah ya, tumbuhan bernapas.

Namun, tumbuhan tidak bernapas seperti manusia dengan menggunakan hidung dan paru-paru. Bagaimana tumbuhan bernapas? Berikut adalah penjelasanya!

Tumbuhan dikenal sebagai produsen yang menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen untuk makanannya sendiri.

Namun, sama seperti manusia dan hewan, tumbuhan perlu bernapas karena tumbuhan juga memerlukan oksigen.

Baca juga: Apakah Tumbuhan Memerlukan Oksigen?

Dilansir dari The Royal Horticultural Society, tumbuhan memerlukan oksigen untuk respirasi di mana molekul makanan dipecah untuk melepaskan energi yang kemudian digunakan untuk pertumbuhan tumbuhan.

Artinya, tumbuhan juga menyerap oksigen dan melepaskan gas karbon dioksida untuk bernapas.

Tumbuhan bernapas melalui stomata dan lentiselnya. Keduanya, adalah pori-pori yang terbentuk dari sel yang tersusun longgar.

Sehingga, oksigen dapat berdifusi masuk ke dalam tubuh tumbuhan melaluinya. Di mana setiap bagian tumbuhan seperti batang, daun, dan akar melakukan pernapasannya sendiri.

Baca juga: Lentisel pada Tumbuhan: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Dilansir dari Biology LibreTexts, hal tersebut dikarenakan meski tumbuhan memiliki sistem transportasi cair yang kompleks, namun mereka tidak memiliki sistem transportasi.

Sehingga, penapasan atau respirasi dilakukan oleh setiap bagian tumbuhan secara mandiri. Oksigen akan digunakan oleh tumbuhan, sedangkan karbon dioksida akan dikeluarkan.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, sejumlah kecil karbon dioksida dilepaskan oleh tumbuhan siang dan malam sebagai produk sampingan dari respirasi sel.

Tidak seperti fotosintesis yang pada sebagian besar tumbuhan terjadi hanya pada siang hari di saat sinar matahari tersedia.

Baca juga: Stomata: Pengertian, Fungsi, dan Strukturnya

Tumbuhan akan bernapas sepanjang siang dan malam. Sehingga, tumbuhan akan terus-menerus menyerap oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida sepanjang hari.

Dan baru menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen pada siang hari.

Namun, jumlah pertukaran gas pada respirasi jauh lebih kecil daripada pertukaran gas pada fotosintesis.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com