Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lentisel pada Tumbuhan: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Kompas.com - 05/09/2023, 22:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Tumbuhan memiliki beberapa struktur yang mendukung pertukaran gas (untuk bernapas), salah satunya adalah lentisel. Apa contoh lentisel dan apa saja tumbuhan yang bernapas dengan lentisel? Berikut adalah penjelasannya!

Pengertian lentisel

Dilansir dari Biology Online, lentisel adalah massa sel yang tersusun longgar pada kulit tanaman kayu dan terlihat pada permukaan batang sebagai titik-titik yang menonjol.

Sebenarnya, lentisel bukaan sel pada permukaan batang mirip dengan pori-pori pada kulit manusia.

Baca juga: Struktur dan Fungsi Batang

Istilah lentisel sendiri berasal dari Bahasa Latin “lenticella” yang berarti jendela kecil. Penamaan tersebut didasari lentisel yang merupakan pori-pori atau jendela kecil pada kulit kayu.  

Lentisel tersbuat dari jaringan periderm atau kumpulan dari kambium gabus, sel gabus, dan feloderm yang menggantikan epidermis saat tumbuhan kayu dewasa.

Periderm membentuk bukaan atau pori pada celah kayu yang merupakan jaringan mati ke jaringan hidup di belakangnya.

Baca juga: Jaringan Gabus Tumbuhan: Pengertian dan Fungsinya

Fungsi lentisel

Dilansir dari Biology LibreTexts, lentisel memasok oksigen ke sel-sel batang kayu seperti korteks, xilem, dan floem yang hidup aktif secara metabolik.

Sel-sel pada batang berkayu memang tidak melakukan fotosintesis, namun mereka tetap melakukan respirasi. Oleh karena itu, sel-sel tersebut membutuhkan oksigen.

Keberadaan lentisel inilah yang memungkinkan gas oksigen berdifusi masuk ke dalam sel. Adapun, karbon dioksida hasil respirasi sel batang juga dikeluarkan melalui lentisel.

Sederhanya, lentisel berfungsi memfasilitasi pertukaan gas pada sel-sel batang.

Baca juga: Perbedaan Fotosintesis dan Respirasi

Contoh tumbuhan dengan lentisel

Contoh tumbuhan yang bernapas dengan lentisel adalah pohon beringin, pohon bakau, pohon alder, apel, pir, dan ceri.

Dilansir dari Humboldt Botanical Gardens, lentisel tidak terbatas pada kulit tanaman berkayu namun juga tanaman dengan akar dan umbi penyimpanan seperti kentang dan wortel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com