Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Tumbuhan Memerlukan Oksigen?

Kompas.com - 19/09/2023, 22:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Tumbuhan dikenal sebagai organisme penghasil oksigen. Tumbuhan melakukan fotosintesis untuk membuat makanannya sendiri dan menghasilkan oksigen sebagai produk sampingan.

Namun, apakah tumbuhan memerlukan oksigen? Jawabanny adalah ya, tumbuhan memerlukan oksigen.

Tumbuhan juga bernapas

Tumbuhan memerlukan oksigen karena tumbuhan juga bernapas (melakukan respirasi) sama seperti hewan dan manusia.

Baca juga: Perbedaan Fotosintesis dan Respirasi

Daun, batang, akar, dan bagian tubuh tumbuhan lainnya bernapas dan memerlukan oksigen.

Dilansir dari Gardening Know How, respirasi pada tumbuhan seperti fotosintesis yang berjalan mundur.

Seperti yang kita ketahui, tumbuhan membuat makanannya sendiri melalui fotosintesis. Makanan tersebut berupa gula yang mengandung energi.

Untuk mendapatkan energi tersebut, gula harus dipecah melalui proses respirasi. Adapun, respirasi tumbuhan terjadi dalam mitokondria selnya dengan reaksi sebagai berikut:

Glukosa + O2 → CO2 + H2O + energi

Baca juga: Apa Fungsi Glukosa Hasil Fotosintesis bagi Tumbuhan?

Energi tersebut kemudian digunakan sel-sel tumbuhan untuk membentuk struktur tanaman, lemak, protein, dan juga sebagai energi untuk menjalankan fungsi sel.

Adapun, respirasi tumbuhan melepaskan karbon dioksida (CO2) dan juga uap air (H2O), sama seperti respirasi pada manusia dan hewan.

Dilansir dari Biology LibreTexts, tumbuhan biasanya menggunakan lebih sedikit oksigen untuk respirasi dibandingkan yang dihasilkannya melalui fotosintesis.

Namun, pada malam hari ketika cahaya matahari tidak tersedia. Tumbuhan tidak akan melakukan fotosintesis dan hanya melakukan respirasi.

Artinya, tumbuhan hanya akan bernapas dengan menghirup oksigen dan menghasilkan karbon dioksida.

Baca juga: Bagaimana Tumbuhan Menghasilkan Oksigen?

Cara tumbuhan bernapas

Lantas, bagaimana cara tumbuhan bernapas? Tidak seperti manusia yang menghirup oksigen melalui hidung, tumbuhan melakukannya dengan difusi.

Daun dan batang hijau tumbuhan memiliki sel dan stomata yang bersentuhan langsung dengan atmosfer. Sehingga, dapat menyerap oksigen secara langsung melalui proses difusi.

Namun dilansir dari The Royal Horticultural Society, kulit batang berkayu tahan terhadap gas sehingga tidak bisa secara langsung mengalirkan oksigen ke jaringan hidup di bawahnya.

Oleh karena itu, tumbuhan berkayu memiliki lentisel. Lentisel merupakan pori-pori pada kulit kayu yang berhubungan langsung dengan sel-sel hidup di bawahnya.

Melalui lentisel, tumbuhan bisa menyerap oksigen dan melepaskan karbon dioksida dalam respirasi.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com