Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lunula Kuku: Pengertian dan Fungsinya

Kompas.com - 01/07/2023, 15:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Kuku memiliki beberapa bagian, salah satunya adalah lunula. Apa yang dimaksud dengan lunula kuku dan apa fungsi lunula kuku? Berikut adalah pembahasannya!

Pengertian lunula kuku

Lunula adalah area pucat berbentuk bulan sabit pada dasar kuku. Lunula terletak di tempat tertanamnya akar kuku pada kulit.

Istilah lunula sendiri berasal dari Bahasa Latin “lunulae” yang berarti bulan kecil. Penamaan ini merujuk pada lunula kuku yang memiliki bentuk seperti bulan sabit kecil pada jari.

Baca juga: Mengenal Sistem Intergumen dan Fungsinya pada Tubuh Manusia

Dilansir dari Biology LibreTexts, lunula kuku terbuat dari lapisan tebal epitel di atas matriks kuku (jaringan di bawah kuku).

Matriks kuku ini merupakan tempat tumbuhnya kuku.

Dilansir dari Medical News Today, matriks kuku membuat sel-sel kuku baru yang kemudian akan mendorong dan keluar dari kulit untuk menjadi kuku yang baru.

Lunula memiliki warna putih yang pucat, berbentuk seperti bulan sabit, dan biasanya kecil atau hampir tidak terlihat pada kuku ibu jari.

Namun, warna dan ukuran lunula dapat berbeda pada setiap orang berdasarkan warna kulit, kondisi kesehatan, dan faktor lainnya.

Baca juga: Fungsi Kulit bagi Tubuh Manusia

Fungsi lunula

Fungsi lunula pada kuku adalah menentukan tepi batas lempeng kuku distal atau bagian kuku yang tumbuh ke luar dari kulit.

Lunula juga memiliki fungsi sebagai indikator kesehatan pemiliknya.

Dilansir dari Healthline, tidak adanya lunula pada seseorang dapat mengindifikasikan tanda terjadinya anemia, malnutrisi, dan depresi.

Selain gangguan kesehatan tersebut, lunula juga dapat mengindetifikasi adanya kondisi virtiligo, gagal ginjal, penyakit jantung dan paru-paru, cirrhosis (gangguan pada hati), keracunan logam perak, dan juga penyakit Wilson.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com