Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Kulit bagi Tubuh Manusia

Kompas.com - 10/11/2022, 10:30 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Kulit adalah organ tubuh terluar dan terbesar yang dimiliki oleh manusia. Kulit memiliki berbagai fungsi yang penting bagi manusia. Fungsi kulit bagi tubuh manusia adalah:

  • Sebagai indra peraba
  • Membantu mengatur suhu tubuh
  • Sebagai organ ekskresi tubuh
  • Membantu kerja sistem kekebalan tubuh (imun)
  • Mencegah hilangnya kelembapan
  • Memproduksi vitamin D

Baca juga: Fungsi Kulit dan Strukturnya

Sebagai indra peraba

Fungsi kulit bagi tubuh manusia adalah sebagai indra peraba atau somatosensasi. Kulit memiliki ribuan sel saraf berupa reseptor berbagai jenis rangsangan.

Dilansir dari Lumen Learning, sel saraf pada kulit membuat kulit dapat merasakan rangsangan nyeri, panas dan dingin, sentuhan ringan, nyeri, tekanan, peregangan, getaran, detail halus, dan gerakan. Sehingga, kulit merupakan indra peraba manusia yang paling penting.

Membantu mengatur suhu tubuh

Fungsi kulit bagi tubuh manusia selanjutnya adalah mengatur suhu tubuh karena memiliki pembuluh darah dan kelenjar keringat.

Dilansir dari Biology LibreTexts, rata-rata satu inci persegi kulit memiliki 20 pembuluh darah dan 650 kelenjar keringat.

Baca juga: Mekanisme Pengeluaran Keringat

Ketika suhu panas, pembuluh darah dikulit akan melebar dan melewatkan lebih banyak darah yang membawa panas.

Pada saat itu, kelenjar keringat juga akan mulai memproduksi keringat dan mengeluarkan panas melalui keringat. Sehingga, permukaan tubuh menjadi lebih dingin dan terhindar dari kepanasan.

Namun ketika suhu dingin, pembuluh darah akan menyempit dan kelenjar keringat akan berhenti memproduksi keringat. Sehingga, tubuh tidak banyak kehilangan panas dan terhindar dari kedinginan.

Sebagai organ ekskresi tubuh

Fungsi kulit bagi tubuh manusia selanjutnya adalah sebagai organ ekskresi. Kulit mengeluarkan zat berlebihan dalam tubuh melalui kelenjar keringat. Zat yang dieskresikan oleh kulit adalah air, garam, zat beracun, lemak, dan juga urea.

Baca juga: Kelenjar Keringat: Ekrin dan Apokrin

Membantu kerja sistem kekebalan tubuh (imun)

Kulit manusia bekerja melindungi tubuh dengan cara membantu sistem kekebalan tubuh (imun). Dilansir dari Encyclopedia Britannica, pada kulit terdapat sel Langerhans yang merupaka sel penjaga dari sistem kekebalan tubuh.

Secara mekanis, sel Langerhans langsung bersentuhan dengan lingkungan luar tubuh. Sehingga, sel Langerhans merupakan salah satu sel pertama yang bersentuhan dengan partikulat asing dari luar.

Sel Langerhans memiliki reseptor khusus pada membran sel yang dapat mengenali patogen penyebab penyakit. Ketika patogen terdeteksi, sel Langerhans akan menyampaikan informasi ke sistem saraf pusat sehingga sistem kekebalan tubuh dapat mulai bekerja.

Artinya, kulit melindungi manusia dari infeksi virus, bakteri, dan patogen penyebab penyakit lainnya juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Apa Itu Sistem Imun?

Mencegah hilangnya kelembapan

Kulit berfungsi mencegah hilangnya kelembapan dari dalam tubuh manusia. Sehingga, sel tubuh dapat mempertahankan tekanan turgornya dan tidak mengalami dehidrasi yang berbahaya.

Memproduksi vitamin D

Kulit memproduksi sekitar 90 persen vitamin D yang diperlukan oleh tubuh. Produksi vitamin D dilakukan oleh lapisan epidermis kulit hanya ketika terpapar radiasi UV sinar matahari.

Vitamin D diperlukan oleh tubuh untuk menghadapi infeksi bakteri, virus, jamur, mencegah kanker, menjaga kesehatan tulang, gigi, dan otot, juga mengobati inflamasi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com