Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemanfaatan Marmer di Indonesia

Kompas.com - 13/06/2023, 13:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Marmer adalah batuan metamorf hasil dari proses metamorfisme batu gamping.

Proses metamorfisme yang dipengaruhi oleh suhu dan tekanan yang dapat menyebabkan perubahan pada struktur, tekstur dan mineralogi pada batu gamping tersebut.

Mineral utama penyusun marmer adalah kalsit (CaCO3), dolomit dan mineral lainnya, seperti mineral lempung, mika, kuarsa, pirit, oksida besi, dan grafit.

Kalsit sebagai penyusun batu gamping (protolith marmer) mengalami rekristalisasi pada proses metamorfosa.

Persebaran marmer di Indonesia cukup melimpah dengan karakteristiknya yang berbeda-beda.

Baca juga: Batu Marmer: Pengertian dan Manfaatnya

Dilansir dari jurnal Geology and Occurences of Limestone and Marble in Nigeria (2013) oleh F.B Fatoye dan Y.B Gideon, karakteristik marmer dapat dipengaruhi oleh perbedaan proses metamorfisme yang terjadi dan dapat memberikan ciri khusus pada hasil batuannya baik dari sifat fisik maupun senyawa kimia.

Sebagai salah satu jenis batuan yang banyak diminati oleh orang- orang, marmer ternyata mempunyai banyak manfaat. Marmer yang mempunyai visualisasi indah ini sering digunakan untuk berbagai keperluan manusia.

Disadur dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, berikut pemanfaatan marmer di Indonesia dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya:

Penghias rumah

Fungsi yang paling sering diambil manusia dari batu marmer adalah menjadikannya sebagai bahan penghias rumah.

Struktur batuan marmer yang indah dengan pola- pola tertentu dan juga pencampuran berbagai warna ini tampak cocok sekali apabila batu marmer dijadikan bahan penghias rumah.

Penghias rumah dari bahan batu marmer ini dilakukan dengan menjadikan marmer ini sebagai bahan utama konstruksi bangunan paling luar di rumah kita.

Misalnya, bagian lantai, tangga, veneer atau dinding. Dengan demikian rumah kita akan mempunyai dekorasi yang indah dengan full batu marmer sebagai penyusunnya.

Batu marmer apabila dijadikan bahan konstruksi atau penghias rumah maka akan menjadikan rumah tersebut tampak mewah dan eksklusif.

Banyak orang yang sengaja menjadikan marmer sebagai hiasan rumah mereka. Setidaknya ditemukan beberapa alasan mengapa batu marmer ini dipilih sebagai bahan penghias rumah.

Baca juga: 4 Faktor yang Memengaruhi Pelapukan Batuan

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com