Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Pertunjukan Musik Bermanfaat bagi Siswa?

Kompas.com - 02/04/2024, 12:00 WIB
Eliza Naviana Damayanti,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comPertunjukan musik merupakan suatu penyajian fenomena bunyi yang disajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh manusia.

Penyajian pertunjukan musik dalam waktu yang tepat dapat menimbulkan daya tarik terhadap musik sehingga dapat menimbulkan kepuasan batin yang luar biasa, perasaan senang, dan gembira.

Baca juga: Pertunjukan Musik: Pengertian dan Bentuk Penyajian Musik

Pertunjukan musik sekolah memiliki manfaat positif bagi siswa. Manfaat pertunjukan musik sekolah secara umum antara lain:

  1. Media apresiasi
    Suatu pertunjukan karya musik bisa menjadi ajang latihan melakukan apresiasi. Dengan adanya pergelaran siswa dapat melakukan pengamatan terhadap suatu karya seni dan memberikan penilaian atau penghargaan.

    Penilaian ini akan menjadi masukan bagi pemain musik untuk dapat membuat karya seni yang lebih baik di masa yang akan datang.

  2. Media pengembangan bakat
    Acara pentas musik di sekolah merupakan ajang kreativitas siswa dan bisa digunakan untuk mengembangkan bakat, bagi siswa-siswi yang mempunyai bakat di bidang seni musik.

  3. Media komunikasi
    Melalui pertunjukan seni, seorang musisi dapat menyampaikan pesan perasaannya atau pesan-pesan sosial yang berwujud karya seni kepada penikmat seni

  4. Media ekspresi
    Melalui pertunjukan siswa memilikikesempatan untuk mengekspresikan dirinya dan menciptakan karya musik untuk kemudian diperlihatkan kepada masyarakat umum.

    Bentuk-bentuk pertunjukan seni dapat dikelompokkan menjadi pertunjukan orkestra, pertunjukan elektrik, pertunjukan tunggal, dan pertunjukan kelompok terbatas.

Baca juga: Persiapan Pertunjukan Musik

 

Referensi:

  • Suci, D. W. (2019). Manfaat Seni Musik Dalam Perkembangan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 177-184.
  • Wisnawa, K. (2020). Seni Musik Tradisi Nusantara. Badung: Nilacakra.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com