Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Arti Mirepoix dan Bouquet Garni

Kompas.com - 18/04/2023, 10:00 WIB
Revlina Octavia Artrisdyanti,
Vanya Karunia Mulia Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bumbu merupakan bahan buatan dan alami yang digunakan sebagai penyedap rasa makanan.

Bisa juga dipahami bahwa bumbu adalah cairan jernih, sedikit kental, dan memiliki aroma yang dihasilkan daging atau tulang, sayuran, serta bumbu lain yang larut dalam suhu panas.

Bumbu terbagi menjadi enam jenis berdasarkan asal pembuatannya. Jenis bumbu ini berasal dari buah, bunga, sayur, umbi, akar, dan batang.

Artikel ini akan mengulas lebih jauh jenis bumbu dari sayur yang beraroma atau biasa disebut aromates.

Apa yang dimaksud dengan aromates?

Aromates atau aroma merupakan bau sedap yang muncul ketika seseorang memberi bumbu pada makanan. Aromates dibedakan menjadi dua, yaitu mirepoix dan bouquet garni.

Baca juga: Nama-nama Bumbu dalam Bahasa Inggris

Mirepoix

Apa yang anda ketahui tentang mirepoixMirepoix bisa diartikan sebagai bahan pembuat kaldu.

Mirepoix merupakan kombinasi bumbu dari bawang bombai, wortel, dan seledri. Apabila makanan tidak berwarna, wortel tidak perlu digunakan.

Kadang mirepoix dapat ditambahkan dengan daun bawang dan jamur.

Cara membuatnya juga bisa dilakukan dengan memasukkan bawang cincang, wortel, dan seledri ke dalam panci penggorengan yang sudah dituang mentega atau minyak zaitun, kemudian digoreng dengan lembut.

Api yang digunakan harus paling kecil dan dimasak secara lambat, agar rasa dan aroma dapat lebih keluar, dan terasa gurih juga manis saat dicampur dengan menu utama.

Bouquet Garni

Biasa diartikan sebagai bahan penyedap makanan.

Bouquet garni merupakan kombinasi bumbu yang berasal dari sayuran segar, seperti wortel, daun bawang, seledri, perseli yang diikat menjadi satu ikat atau bundle.

Baca juga: 10 Makanan Pokok di Indonesia Selain Nasi

Bundle dari bahan tersebut dimasukkan ke dalam air mendidih dan diangkat ketika aromates mulai tercium serta rasa yang sudah pas.

Penggunaan bouquet garni hanya digunakan dengan ringan. Karena aromanya yang tidak bisa mendominasi kaldu dari mirepoix.

 

Referensi:

Hikmatulloh, Erfah, dkk. 2017. Manfaat Pengetahuan Bumbu Dan Rempad Pada Pengolahan Makanan Indoneia. Jurnal Media Pendidikan, Gizi, dan Kuliner.

Astuti, Dwi. 2014. Laporan Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan Pendidikan Teknik  Boga. Universitas Yogyakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com