Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Makanan Pokok di Indonesia Selain Nasi

Kompas.com - 21/03/2023, 06:00 WIB
Anggita Sukmawati,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Makanan pokok merupakan makanan yang mengandung zat karbohidrat yang berguna sebagai sumber tenaga pada tubuh kita untuk dapat melakukan aktivitas sehari-hari.

Makanan pokok dapat berupa nasi, kentang, umbi-umbian, gandum, tepung terigu, oat dan jagung. Berikut penjelasannya:

  • Jagung

Jagung dapat ditemukan diwilayah Indonesia, karena merupakan salah satu hasil pertanian yang biasa dikonsumsi oleh sebagian masyarakat Indonesia.

Jagung mengandung nutrisi yang berguna bagi tubuh, contohnya serat, karbohidrat, protein, vitamin B3, vitamin B5, vitamin C, mineral berupa potasium, besi, fosfor, magnesium dan antioksidan.

Untuk mengkonsumsi jagung, ada banyak pilian cara dalam membuatnya. Mulai dari diparut lalu nasi jagung yang direbus dan dipanggang dan ditambahkan ke campuran keju dan susu.

  • Kentang

Kentang merupakan jenis umbi-umbian yang sering digunakan sebagai bahan masakan sayur. Tak hanya sebagai campuran sayuran, kentang juga bisa diolah dengan berbagai cara sehingga enak untuk disantap. Mulai dari dipanggang, direbus dan bahkan dijadikan adonan kue.

Meski bisa menjadi pengganti utama nasi, jumlah karbohidrat yang dihasilkan kentang lebih sedikit dibandingkan nasi. Tapi, kentang juga banyak nutrisi dan manfaatnya.

Kentang mengandung berbagai nutrisi berupa karbohidrat, protein, serat, antioksidan, potasium dan beberapa vitamin.

Baca juga: Fungsi Makanan Dilihat dari Sudut Ilmu Gizi

  • Pisang

Pisang mengandung vitamin A, C, fosfor dan kalsium. Memakan pisang dapat memiliki banyak manfaat seperti, mencegah kanker usus, menjaga kesehatan jantung, mencegah sakit maag dan menurunkan kadar kolesterol.

Selain memakannya begitu saja, kalian bisa mengolah buah pisang terlebih dahulu, misalnya menjadi keripik, puding, roti, makanan bayi, selai, biskuit dan keripik pisang. 

  • Singkong

Singkong merupakan jenis umbi-umbian yang tumbuh diberbagai negara, termasuk Indonesia. Ada banyak cara mengolah singkong agar enak saat dimakan. Misalnya dengan cara digoreng dan dikukus, sehingga bisa menjadi semacam kroket singkong, getuk keju, dan donat singkong.

  • Sagu

Sagu dikenal sebagai makanan pokok masyarakat Papua, Maluku, Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi. Hal ini karena sagu banyak mengandung karbohidrat, sehingga harus ditambahkan lauk lain saat memakannya.

Sagu sering dijadikan papeda di kalangan masyarakat Maluku dan Papua, papeda dianggap sebagai nasi dan biasanya dimakan dengan kuah ikan kuning dan sayur ganemo.  

  • Talas

Jenis talas ada bermacam-macam, talas biasanya sebelum dikonsumsi, diolah menjadi seperti kue talas, keripik talas, jenang, talas goreng, getuk dan tepung.

Kandungan gizi talas sangat tinggi, termasuk adanya karbohidrat dan serat. Oleh karena itu, mengkonsumsi talas dapat bermanfaat untuk pencernaan, tekanan darah, dan sumber energi untuk jantung.  

Baca juga: Jaring-jaring Makanan: Pengertian, Tingkat Trofik, dan Contohnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com