Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sendi Kaku: Pengertian, Sifat Gerak, dan Contohnya

Kompas.com - 04/04/2022, 13:21 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comSendi antara tulang rusuk dan tulang belakang termasuk tulang dengan gerakan terbatas, karena rongga sendi yang dibentuk oleh kapsul sangat sempit dan hanya memiliki sedikit cairan sinovial adalah sendi kaku atau amfiartosis.

Untuk lebih memahami tentang sendi kaku, berikut adalah pengertian, jenis pergerakan, dan juga contoh dari sendi kaku!

Pengertian sendi kaku

Apa itu sendi kaku? Sendi kaku atau amfiartosis adalah salah satu jenis sendi berdasarkan sifat geraknya.

Dilansir dari Physiopedia, sendi kaku memungkinkan lebih banyak gerakan dari sendi fibrosa (sendi mati), tetapi lebih sedikit gerakan daripada sendi sinovial (sendi gerak).

Baca juga: Macam-Macam Sendi dalam Tubuh

Sifat gerak sendi kaku

Bagaimana gerakan sendi kaku? Seperti namanya, sendi kaku memiliki gerakan yang kaku dan terbatas. Tidak seperti sendi gerak, sendi kaku tidak bisa digerakkan secara leluasa dan menghasilkan pergerakan yang besar.

Hal tersebut karena ronga sendi kaku lebih sempit daripaa sendi gerak. Cairan sinovial (cairan kental yang melumasi sendi dan membantu pergerakannya) sendi kaku lebih sedikit daripada cairan sinovial sendi gerak.

Namun sendi kaku masih bisa melakukan gerakan kecil, tidak seperti sendi mati yang tidak bisa bergerak sama sekali. Hal tersebut dikarenakan sendi kaku masih memiliki rongga sendi, sedangkan sendi mati tidak memilikinya.

Baca juga: Macam-macam Sendi dan Contohnya

Contoh sendi kaku

Di mana letak sendi kaku? Berikut adalah contoh letak sendi kaku atau amfiartosis pada tubuh manusia!

Diskus intervertebralis

Contoh dari sendi kaku atau amfiartrosis adalah diskus invertebralis. Dilansir dari Lumen Learning, diskus intervertebralis (intervertebral disc) adalah bantalan fibrokartilago tebal yang menghubungkan celah antara vertebra atau tulang belakang.

Diskus intervertebralis menghubungkan tiap ruas tulang belakang manusia membentuk tulang punggung yang panjang. Satu diskus intervertebratalis memiliki pergerakan kaku yang terbatas.

Namun, keselusuhan diskus invertebratalis memberikan pergerakan yang besar. Sehingga, manusia bisa menggerakkan punggungnya dengan leluasa.

Diskus intervertebralislumenlearning.com Diskus intervertebralis

Baca juga: Tulang-tulang Penyusun Rangka Kepala

Amfiartosis simfisis pubis

Contoh sendi kaku selanjutnya adalah simfisis pubis. Dilansir dari Medicine LibreTexts, simfisis pubis adalah sendi tulang rawan garis tengah yang menyatukan rami superior tulang kemaluan kiri dan kanan. Simfisis pubis terletak tepat di atas alat kelamin wanita dan pria.

Sebagai sendi kaku, simfisis pubis dapat bergerak hanya sekitar dua millimeter kekita seseorang merentangkan kakinya. Pada wanita, pergerakan simfisis pubis dapat meningkat untuk membantunya melahirkan.

Simfisis pubismed.libretexts.org Simfisis pubis

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com