Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Dimaksud Iptek Bersifat Netral?

Kompas.com - 16/04/2024, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) saat ini sudah bertambah pesat.

Banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya pada perkembangan iptek. Sebab, dengan iptek, kebutuhan dan keinginan manusia dapat tercapai.

Dikutip dari buku The Inspiration of Learning (2016) oleh Peter Garlans Sina, iptek adalah alat yang bersifat netral dan bisa digunakan siapa saja.

Sebenarnya, apa yang dimaksud iptek bersifat netral?

Arti iptek bersifat netral

Menurut Sukandarrumidi, dkk dalam buku Petunjuk Praktis Menulis Buku (2018), yang dimaksud iptek bersifat netral adalah tidak baik dan juga tidak buruk.

Baca juga: Pengertian IPTEK, Dampak, dan Perannya bagi Ekonomi 

Baik buruknya pengembangan iptek sangat dipengaruhi oleh penggunanya.

Jika penggunanya memiliki moral dan mentalitas yang baik, perkembangan iptek akan menjadi sesuatu yang lebih baik.

Sebaliknya, apabila penggunanya berniat jahat, perkembangan iptek justru dapat menghancurkan juga membinasakan kehidupan manusia.

Dilansir dari buku Energi Terbarukan (2018) karya Sukandarrumidi dkk, arti iptek bersifat netral yakni siapa saja boleh menggunakan dan memanfaatkan iptek.

Walau begitu, penggunaan dan pemanfaatan iptek tetap harus dilakukan dengan tepat, bertanggung jawab, dan tidak merugikan banyak pihak.

Baca juga: Globalisasi Bidang IPTEK dan Upaya Menghadapinya

Ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) pada dasarnya hanya menyediakan informasi atau perangkat yang bisa digunakan untuk meraih tujuan.

Dengan demikian, sebenarnya iptek tidak memiliki pandangan atau ketentuan khusus soal baik buruknya suatu hal.

Yang menjadi penentu baik dan buruknya adalah pengguna iptek itu sendiri. Apakah mereka akan menggunakannya dengan bijak, atau justru untuk alasan kejahatan.

Secara garis besar, iptek bersifat netral ini memungkinkan penggunanya untuk lebih leluasa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan juga teknologi.

Kesimpulannya, yang dimaksud iptek bersifat netral adalah tidak baik dan tidak juga buruk, serta siapa saja boleh menggunakannya.

Baca juga: Peran IPTEK dalam Menunjang Kegiatan Ekonomi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com