Kompas.com - 07/03/2021, 18:46 WIB
Ilustrasi teknologi. shutterstock.com/sdecoretIlustrasi teknologi.

KOMPAS.com - IPTEK merupakan aspek penting yang tidak dapat dipisahkan dalam kemajuan peradaban manusia.

Kemampuan berpikir, mencari ilmu, mengembangkan pengetahuan, dan menerapkannya menjadi teknologi adalah kelebihan manusia yang tidak bisa ditiru oleh makhluk lainnya.

Dengan IPTEK, manusia bisa beralih dari manusia purba yang nomaden menjadi manusia modern dengan teknologi yang canggih.

IPTEK mempengaruhi segala aspek kehidupan termasuk menunjang kegiatan ekonomi. Dilansir dari Real Colegio Complutense Universitas Harvard, IPTEK adalah pendorong utama pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Hal ini dikarenakan IPTEK menunjang tiga kegiatan utama ekonomi yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi.

  • Produksi

Pada jaman dahulu manusia hanya bisa memproduksi makanan dengan memasaknya dengan api dan juga peralatan sederhana buatan tangan. Namun sekarang manusia dapat memproduksi makanan dalam jumlah besar, produk fashion, bahkan teknologi canggih seperti ponsel pintar, komputer, mobil, kereta cepat, juga pesawat.

IPTEK membuat manusia mampu menciptakan berbagai macam mesin yang dapat mendukung produksi barang yang dibutuhkan. Mesin membuat produksi lebih cepat, lebih banyak, lebih presisi, dan juga lebih mudah.

Baca juga: Iptek Indonesia Bisa Unggul dari Amerika dan Eropa, asalkan...

  • Distribusi

Barang-barang yang telah diproduksi akan didistribusikan ke konsumen. Dengan adanya IPTEK, manusia bisa mengirim barang jarak jauh dalam waktu yang sangat cepat. Distribusi yang semakin mudah membuat perekonomian semakin berkembang.

Misalnya adalah kamu yang membeli barang yang hanya ada di Jepang melalui online shop dan kirim menggunakan paket. Dan sebaliknya kamu dapat berjualan hingga ke luar negeri karena teknologi transportasi yang sudah sangat canggih.

IPTEK membuat suatu negara dapat mengembangkan perdagangannya ke luar negeri melalui ekspor komoditas. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian negara.

  • Konsumsi

IPTEK memudahkan konsumi yang dilakukan konsumen. Jika dahulu kita harus mendatangi pedagang untuk mendapatkan barang, sekarang cukup melewati internet yang diakses melalui ponsel pintar maupun computer.

Misalnya keberadaan online shop melalui website dan aplikasi membuat kita dapat mencari barang apa saja yang berasal darimana saja. Perkembangan teknologi ini memungkinkan kita membeli barang dari negara yang jauh dalam waktu singkat dengan keamanan barang yang terjaga selama pengiriman.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X