Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepribadian Melankolis: Karakter, Kelebihan, dan Kekurangan

Kompas.com - 05/03/2022, 16:00 WIB
Raisa Zakiah,
Vanya Karunia Mulia Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kepribadian melankolis umumnya dimiliki oleh segelintir orang yang setia dan disiplin. Tipe kepribadian ini dikemukakan oleh filsuf sekaligus tabib Yunani bernama Hippocrates.

Dilansir dari Psychologia.co, pria dan wanita melankolis cenderung setia kepada keluarga dan teman dekatnya. Orang melankolis juga sangat hati-hati dalam bertindak.

Melankolis sangat mementingkan esensi norma dan moral. Bagi mereka, peraturan adalah hal yang harus dipatuhi.

Orang-orang melankolis tidak suka menciptakan aturan, melainkan suka mengikuti aturan. Karena aturan dipandang bisa mengantarkan mereka pada kehormatan. Sebab itu, melankolis ingin tergabung dalam komunitas yang lebih besar.

Melankolis menyukai rutinitas dan agenda yang terjadwal, serta menaruh perhatian mendetail terhadap sesuatu. Di samping itu, mereka juga sangat serius dan kritis dalam berpikir. 

Baca juga: Kepribadian Sanguinis: Karakter, Kelebihan, dan Kelemahan

Kelebihan kepribadian melankolis

Teliti dan Perfeksionis

Melankolis memiliki sifat ketelitian yang tinggi. Ketelitian ini membuat mereka mempertimbangkan hal dengan detail.  

Bagi mereka, segala bentuk pekerjaan harus dikerjakan sebaik-baiknya. Segala bentuk pekerjaan sederhana pun dikerjakan secara teliti dan serius.

Orang melankolis juga menyukai proses dan berupaya mengejar tujuan mereka dengan tepat dan efektif. 

Penyabar

Melankolis termasuk pribadi yang penyabar. Mereka sabar ketika dihadapkan pada kegiatan yang berulang, dan sabar dalam memberikan perhatian.

Mereka sungguh berhati-hati dalam mempertimbangkan segala sesuatu. Dalam bekerja, orang melankolis sangat menghindari sikap tergesa-gesa.

Administratif

Sifat ketelitiannya membuat orang-orang melankolis terampil dalam mengelola data, serta mampu berpikir analitis.

Orang melankolis sangat patuh pada peraturan yang berlaku. Dengan demikian, mereka kerap dipercaya mengemban pekerjaan yang sifatnya administratif. 

Baca juga: 4 Ciri Pendekatan Psikologi Komunikasi Menurut Fisher

Kekurangan kepribadian melankolis

Kekurangan kepribadian melankolis menurut Florence Littauer dalam bukunya yang berjudul Personality Plus adalah sulit bersosialisasi. Melankolis memiliki karakter introvert dan sulit bereksplorasi di lingkungan sosial.

Selain itu, melakolis adalah pribadi yang cenderung tertutup dan lebih suka memendam. Karakter individualis serta pemikiran bahwa mereka bisa mengerjakan semuanya sendiri, juga menjadi kekurangan kepribadian melankolis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com