Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Ciri Pendekatan Psikologi Komunikasi Menurut Fisher

Kompas.com - 14/12/2021, 11:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Ciri pendekatan psikologi komunikasi menurut Fisher, terbagi menjadi empat, yakni penerimaan stimulus secara indrawi, proses yang mengantarai stimulus serta respons, prediksi respons, dan peneguhan respons.

Dalam psikologi komunikasi, psikologi berusaha mencari tahu alasan mengapa komunikator bisa memengaruhi komunikan, dan mengapa komunikator lainnya tidak mampu memengaruhi orang lain.

Menurut Didit Darmawan, dkk dalam buku Psychological Perspective in Society 5.0 (2021), psikologi komunikasi adalah ilmu yang mempelajari proses komunikasi antarmanusia dengan memakai perspektif psikologi untuk mencapai komunikasi yang efektif.

Ciri pendekatan psikologi komunikasi menurut Fisher

Psikologi komunikasi melihat proses komunikasi dari awal, yakni pengiriman pesan oleh komunikator, stimulus yang masuk lewat pesan, hingga respons komunikan terhadap pesan tersebut.

Dikutip dari buku Psikologi Komunikasi (2021) karya Angelia Putriana, dkk, berikut ciri pendekatan psikologi komunikasi:

Baca juga: Psikologi Komunikasi: Pengertian dan Penggunaannya

Penerimaan stimulus secara indrawi (sensory reception of stimuli)

Proses ini terjadi saat pancaindra mendapat rangsangan, berupa pesan, suara, warna, orang, dan lainnya. Pancaindra yang terlibat dalam proses ini adalah mata, hidung, telinga, kulit, serta mulut.

Proses yang mengantarai stimulus serta respons (internal mediation of stimuli)

Rangsangan yang telah diterima pancaindra akan diteruskan dan diolah otak. Kemudian otak akan mengambil sebuah kesimpulan yang terlihat dari respons terhadap rangsangan tersebut.

Responsnya bisa berupa senyuman, tepuk tangan, raut wajah sedih, mengerutkan dahi, berlari, melompat, menyilangkan tangan di depan dada, dan sebagainya.

Prediksi respons (prediction of response)

Pada proses ini, seseorang bisa memprediksi respons apa yang diberikan orang lain di masa lalu serta masa yang akan datang. Kuncinya, seseorang harus mengetahui respons masa lalu, sebelum memprediksi respons yang akan datang.

Peneguhan respons (reinforcement of response)

Pendekatan psikologi ini membahas tentang memori penyimpanan seseorang yang mampu menghubungkan masa lalu dengan masa sekarang. Peneguhan termasuk salah satu unsur sejarah respons. Peneguhan merupakan respons lingkungan atau respons orang lain terhadap individu yang asli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com