Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembentukan Bayangan pada Cermin Datar

Kompas.com - 26/02/2022, 15:52 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Cermin dapat memantulkan bayangan apapun yang ada di depannya. Pembentukan bayangan cermin berbeda sesuai dengan jenisnya. Bagaimana pembentukan bayangan pada cermin datar?

Cermin datar adalah cermin dengan satu sisi reflektif yang berbentuk datar. Untuk mengetahui proses pembentukan bayangan pada cermin datar, berikut adalah penjelasannya!

Proses pembentukan bayangan pada cermin datar

Pembentukan bayangan pada cermin datar adalah pembentukan bayangan yang paling sederhana jika dibandingkan dengan cermin sferis.

Pembentukan bayangan pada cermin datarKompas.com/SILMI NURUL UTAMI Pembentukan bayangan pada cermin datar

Sinar datang

Pembentukan bayangan pada cermin datar dimulai dari benda yang berada di depan cermin. Jarak antara benda dan cermin disebut dengan S. Kemudian, sinar datang dari benda tersebut menuju cermin dengan sudut sebesar i.

Baca juga: Sifat-sifat Cahaya dan Contohnya

Pemantulan sinar datang

Sinar datang dari benda kemudian mengenai permukaan cermin datar dan dipantulkan sesuai dengan hukum pemantulan. Sinar datang dipantulkan dengan sudut sebesar r.

Di mana sudut sinar datang (i) dan sudut sinar pantul (r) adalah sama (i = r).

Dilansir dari Lumen Learning, sinar pantul tidak bersilangan pada titik yang sama karena cermin datar tidak memiliki titik fokus yang jelas.

Sinar pantul sampai di mata pengamat

Dilansir dari Physics LibreTexts, sinar datang yang dipantulkan tampak datang dari belakang cermin oleh mata pengamat.

Bayangan yang terlihat pengamat seperti berasal dari belakang cermin, tempat di mana sebenarnya sinar tidak pernah terbentuk.

Baca juga: Pembentukan Bayangan pada Cermin Cekung

Tempat bayangan tersebut berada di perpanjangan sinar pantul. Jarak bayangan yang terbentuk di belakang cermin sama dengan jarak bayangan benda ke cermin, dan dilambangkan dengan S’.

Karena bayangan yang dilihat pengamat terbentuk di belakang cermin, maka bayangan cermin datar bersifat maya.

Bayangan yang terbentuk juga memiliki ukuran yang sama besar dengan benda aslinya. Artinya, cermin datar memiliki perbesaran bayangan sama dengan satu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com