Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumus Frekuensi Gelombang

Kompas.com - 02/02/2022, 14:32 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis


KOMPAS.com – Frekuensi adalah karakteristik kuantitatif gelombang yang dapat dihitung melalui rumus frekuensi. Namun, sebenarnya apa yang dimaksud dengan frekuensi dan apa rumus frekuensi gelombang?

Pengertian frekuensi gelombang

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, frekuensi adalah jumlah gelombang yang melewati suatu titik tetap dalam satu satuan waktu atau jumlah getaran yang dialami dalam satuan waktu. Artinya, frekuensi adalah banyaknya gelombang dalam satu satuan waktu.

Secara sederhana, frekuensi adalah ukuran seberapa seringnya sesuatu. Makin sering sesuatu dilakukan, maka akan makin tinggi pula frekuensinya.

Hal ini sama dengan pada gelombang. Makin banyak gelombang yang lewat dalam satu satuan waktu, maka akan makin tinggi frekuensinya. Dan makin sedikit gelombang yang lewat dalam satu satuan waktu, maka akan makin rendah frekuensinya.

Baca juga: Apa itu Panjang Gelombang?

Frekuensi gelombang dilambangkan dengan huruf “f” dan dinyatakan dalam satuan Hertz (Hz). Istilah Hertz diambil dari nama belakang seorang fisikawan asal Jerman yang menemukan atas penemuannya elektromagnetisnya, yaitu Heinrich Rudolf Hertz.

Rumus frekuensi gelombang

Nilai frekuensi gelombang bisa didapat dari jumlah getaran per waktu tempuh, periode, dan juga cepat rambat gelombangnya. 

Rumus frekuensi gelombang dari getaran dan waktu tempuh

Frekuensi adalah banyaknya gelombang atau getaran dalam satu satuan waktu tertentu. Rumusnya adalah:

f = n/t

Dengan,
f: frekuensi (Hz)
n: jumlah gelombang atau getaran (n = 1, 2, 3, … )
t: waktu tempuh gelombang (s)

Baca juga: Rumus Periode Gelombang

Rumus frekuensi gelombang dari periode

Frekuensi adalah banyaknya gelombang dalam satu satuan waktu. Adapun, periode adalah waktu yang ddiperlukan untuk membuat satu gelombang. Sehingga, frekuensi berbanding terbalik dengan periode dan menghasilkan rumus:

f = 1/T

Dengan,
f: frekuensi (Hz)
T: periode (s)

Rumus frekuensi gelombang dari cepat rambat gelombang

Dilansir dari Lumen Learning, cepat rambat gelombang adalah rasio panjang gelombang yang merambat dengan periodenya. Adapun, periode adalah kebalikan dari frekuensi. Maka, rumus frekuensunya adalah:

v = λ/T
v = λ x 1/f
f = v/ λ

Dengan,
f: frekuensi (Hz)
v: cepat rambat gelombang (m/s)
λ: panjang gelombang (m)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com