Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumus Periode Gelombang

Kompas.com - 02/02/2022, 14:25 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis


KOMPAS.comGelombang memiliki beberapa unsur, salah satunya adalah periode. Apakah periode gelombang itu dan rumus periode gelombang? Untuk mengetahui jawabannya, simaklah penjelasan di bawah ini!

Pengertian periode gelombang

Gelombang merupakan getaran yang merambat. Dilansir dari Physics Classroom, periode gelombang adalah waktu bagi partikel pada medium untuk membuat satu getaran lengkap. Satu getaran lengkap pada gelombang tranversal adalah satu puncak dan satu lembah.

Adapun pada gelombang longitudinal, satu getaran lengkap adalah satu rapatan dan satu regangan. Satu getaran disebut juga sebagai satu panjang gelombang. Artinya, periode adalah waktu yang diperlukan untuk merambatnya satu panjang gelombang.

Baca juga: Definisi, Jenis, dan Sifat-sifat Gelombang

Rumus periode gelombang

Nilai periode gelombang dapat ditentukan dari jumlah getaran per waktu, cepat rambat, panjang gelombang, dan juga frekuensinya. Berikut adalah rumus periode gelombang!

Rumus periode gelombang dari jumlah getaran

Periode adalah waktu untuk melakukan satu getaran. Sehingga, periode dalam suatu gelombang dapat dihititung melalui rasio jumlah getaran dalam satu gelombang dibagi dengan waktu yang dibutuhkan gelombang tersebut untuk merambat.

T = t/n

Dengan,
T: periode (s)
t: waktu rambat gelombang (s)
n: jumlah getaran dalam satu gelombang (n = 1, 2, 3, … )

Baca juga: Contoh Gelombang Longitudinal dalam Kehidupan Sehari-hari

Rumus periode gelombang dari kecepatan dan panjang gelombang

Selain dihitung melalui waktu rambat dan banyaknya gelombang, periode gelombang juga dapat dihitung melalui kecepatan dan panjang gelombangnya:

T = v λ

T: periode (s)
V: cepat rambat gelombang (m/v)
λ: panjang gelombang (m)

Rumus periode gelombang dari frekuensi

Dilansir dari Physics LibreTexts, periode gelombang adalah waktu antara kedatangan puncak gelombang yang berdekatan. Sedangkan, frekuensu adalah jumlah puncak yang lewat per detik. Artinya, periode memiliki nilai yang berkebalikan dari frekuensi.

Sehingga, rumus periode gelombang dari frekuensi adalah:

T = 1/F

T: periode (s)
F: frekuensi (hertz)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com