Kompas.com - 03/12/2021, 18:56 WIB
Tujuan-tujuan seni lukis Kompas.com/SILMI NURUL UTAMITujuan-tujuan seni lukis

KOMPAS.comSeni lukis merupakan jenis seni rupa yang dibuat berdasarkan berbagai tujuan. Misalnya lukisan yang dibuat dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta merupakan tujuan religius dari seni lukis

Selain untuk tujuan keagamaan, seni lukis memiliki beberapa tujuan yang berbeda lainnya. Tujuan seni lukis adalah tujuan ekspresi, kritik sosial, komersil, religius, simbolis, estetis, dan terapi.

Tujuan ekspresi

Tujuan ekspresi artinya, suatu seni lukis dibuat untuk mengekspresikan apa yang dirasakan atau dipikirkan oleh diri sendiri. Seni lukis menjadi cara untuk dikomunikasikan secara verbal ekspresi diri dari seorang seniman.

Menurut Standford Bing Nursery School , lukisan adalah bahasa ekspresi diri universal yang melampaui waktu dan tempat. Artinya, ekspresi diri dalam bentuk lukisan bisa dijangkau oleh semua orang di dunia walau mereka berbicara dengan bahasa yang berbeda.

Seni lukis juga disebut melampaui waktu dan tempat, artinya seorang seniman bisa mengekspresikan apa saja yang tidak peduli dimanapun dan kapanpun. Ekspresi tersebut kemudian akan bertahan lama dan terabadikan dalam lukisan, sehingga disebut melebihi waktu.

Baca juga: Jenis-Jenis Patung Berdasarkan Bentuk dan Posisinya

Tujuan kritik sosial

Tujuan kritik sosial adalah seni lukis yang dibuat untuk mengkritik suatu permasalahan dalam masyarakat. Lukisan dengan tujuan kritik sosial biasanya berangkat dari seorang seniman terhadap cara pemerintah atau pejabat setempat dalam menangani suatu permasalahan.

Tujuan komersil

Tujuan komersil seni lukis adalah lukisan yang dibuat untuk kemudian dijual dan menghasilkan pendapatan. Lukisan dengan tujuan komersil biasanya disesuaikan dengan selera dan keinginan pembelinya.

Tujuan religius

Tujuan religius seni lukis bertujuan mendekatkan diri kepada sang pencipta. Lukisan dengan tujuan religius merupakan penggambaran suatu kepercayaan, pengabdian, dan juga persembahan kepada Yang Maha Kuasa.

Lukisan tujuan religius dapat menggambarkan ritual ibadah suatu agama, peristiwa penting suatu kepercayaan, Tuhan, Dewa, Nabi, ataupun nenek moyang dalam suatu kepercayaan.

Tujuan simbolis dan ritual

Dilaporkan dari Lumen Learning , seni juga digunakan sebagai simbol dalam suatu ritual. Misalnya ritual spiritual dan magis pada kebudayaan masa lampau. Beberapa budaya melukis bentuk-bentuk khusus dan dewa-dewa mereka sebagai bentuk permintaan rezeki dan penangkal adanya bahaya.

Baca juga: Aliran Seni Lukis dan Tokohnya

Tujuan estetika

Tujuan estetis seni lukis murni dibuat untuk estetika dan keindahan saja. Lukisan dengan tujuan estetis yang digunakan sebagai hiasan, pajangan, dan dekorasi yang menambah keindahan suatu tempat.

Tujuan terapi

Seni lukis juga dapat ditujukan untuk terapi. Reporting dari Psychology Today , terapi seni membantu seseorang untuk mengeksplorasi emosi, meningkatkan kepercayaan diri, mengelola kecanduan obat-obatan, menghilangkan stres, mengurangi gejala kecemasan dan stres, serta membantu penyembuhan fisik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.