Kompas.com - 03/12/2021, 18:55 WIB
Traktor di pertanian negara Jerman https://www.arc2020.eu/Traktor di pertanian negara Jerman

KOMPAS.comJerman merupakan negara terkaya di Eropa dan masuk ke jajaran atas negara terkaya di dunia. Seperti di Indonesia, Jerman juga memiliki lahan pertanian yang luas. Hasil pertanian jerman antara lain serealia, kentang, dan anggur.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica , pada awal abad ke-21 produksi produk pertanian utama Jerman melebihi kebutuhan konsumsi negaranya sendiri, sehingga diekspor dan menghasilkan nilai surplus yang berkelanjutan. Menjadikan pertanian sebagai salah satu sumber pendapatan negara terkaya di Eropa tersebut.

Selain serealia, kentang, dan anggur, Jerman memiliki beragam hasil pertanian dari berbagai subsektor. Berikut hasil pertanian Jerman:

Sereal

Tanaman serealia merupakan salah satu hasil pertanian utama dari Jerman. Contoh dari tanaman serealia hasil pertanian negara Jerman adalah gandum, gandum hitam, kacang hijau, barley, dan rye.

Baca juga: Contoh Komoditas Pertanian Mulai dari Perkebunan, Peternakan, dan Tanaman Pangan

Kentang

Selain serealia, kentang juga merupakan produk utama hasil pertanian negara Jerman. Jerman menghasilkan kentang dalam jumlah besar, melebihi permintaan dalam negeri dan mengekspornya ke berbagai negara.

Susu

Susu merupakan hasil Jerman dari subsektor pertanian yaitu perternakan. Dilansir dari Deutschland.de , Jerman adalah produsen susu terbesar di Uni Eropa. Susu dari hasil pertanian kemudian diolah menjadi berbagai makanan seperti yoghurt, keju, dan mentega.

Umbi-umbian

Selain kentang, hasil pertanian Jerman yang merupakan umbi-umbian adalah bit, wortel, bawang bombay, dan bawang merah.

Baca juga: Fauna Mayoritas yang Terdapat di Inggris

Sayur-sayuran

Jerman juga menghasilkan sayur-sayuran seperti kubis, mentimun, kembang kol, brokoli, dan selada.

Buah-buahan

Dilansir dari Food and Agriculture Organization of the United Nations , musim di Jerman adalah dari bulan Maret hingga oktober sebelum salju pertama turun. Sehingga ada buah hasil pertanian yang dihasilkan sepanjang tahun, dan ada juga yang musiman (dihasilkan sebelum musim dingin).

Contoh buah-buahan hasil pertanian Jerman yang tumbuh sepanjang tahun adalah anggur, pome, apel, dan alpukat. Sedangkan buah-buahan yang sifatnya musiman seperti jeruk, pir, persik, stroberi, ceri, dan prem. Sebagai tambahan, Jerman adalah salah satu negara penghasil dan pengekspor apel terbesar di dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.