Kompas.com - 03/12/2021, 18:50 WIB
Ngelawang - Penampilan karya Ketut Suteja Ngelawang - masih terikat pada bentuk idiom-idiom tari, seperti barong dan sejenisnya. Tetapi upaya untuk menggali kreasi baru dari Bali, sudah terasa dalam karyanya itu. EDDY HASBYNgelawang - Penampilan karya Ketut Suteja Ngelawang - masih terikat pada bentuk idiom-idiom tari, seperti barong dan sejenisnya. Tetapi upaya untuk menggali kreasi baru dari Bali, sudah terasa dalam karyanya itu.

KOMPAS.com – Seni tari merupakan seni yang berupa keindahan gerak tubuh. Salah satu jenis seni tari adalah tari kontemporer. Apakah itu seni tari kontemporer? Dan sebutkan 3 macam ciri tari kontemporer! Untuk dapat menjawabnya, simaklah penjelasan di bawah ini!

Pengertian tari kontemporer

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia , kontemporer berarti pada waktu yang sama, semasa, sewaktu, pada masa kini, dan dewasa kini. Seni tari kontemporer merupakan seni yang relevan dengan zaman, namun tidak termasuk ke dalam tarif modern.

Menurut R.AJ. SN Kusumawati disertasi Perkembangan Koreografi di Indonesia: Suatu Kajian Karya Taro Kontemporer di Pusat Kesenian Jakarta-Taman Ismail Marzuki 1968-1987 (2016), tari kontemporer tidak masuk ke dalam tari modern karena tari modern sudah memiliki standar, sedangkan tari kontemporer menampilkan suatu karya yang sama sekali baru dan tidak terstandar.

Sehinggatari kontemporer adalah jenis tari baru yang sesuai dengan tren masa kini, bebas, dan tidak ada aturan baku yang mengatur gerak tariannya.

Baca juga: Apa Itu Tema Tari?

Ciri-ciri tari kontemporer

Ciri-ciri tari kontemporer adalah tema tariannya bebas, bersifat aktual, gerakannya dan iramanya bebas tidak terkait aturan, dan menunjukkan tidak akan sama dengan pertunjukkan sebelumnya.

Tema tariannya bebas

Ciri-ciri tari kontemporer adalah tema tariannya yang bebas. Tema tari kontemporer tidak dibatasi dan tidak ada aturan khusus yang mengaturnya. Seorang seniman seni kontemporer bebas mengambil tema apapun yang diinginkannya menjadi suatu bentuk tarian yang sama sekali baru.

Bersifat aktual

Menurut Joni Andra dalam Proses Koreografi Tari Kunci Karya Ery Mefri (1997), seni tari kontemporer selalu bersifat aktual. Artinya, konsep dasar atau tema suatu tari kontemporer harus aktual atau sesuai dengan kondisi terkini atau tren yang dialami oleh manusia.

Baca juga: Gerak dan Busana Tari Kupu-Kupu

Gerakannya bebas tidak terkait aturan

Menurut Eko Supriyanto dalam jurnal Empat Koreografer Tari Kontemporer Indonesia Periode 1990-2008 (2014), tari kontemporer diciptakan dari proses kreatif dan inovatif yang bebas dan memungkinkan penarinya lebih berekspresi.

Sehingga ciri-ciri dari tari kontemporer adalah gerakannya yang bebas, tidak bergantung pada aturan atau pakem-pakem tari tradisional, dan memungkinkan penarinya berekspresi sesuai dengan cita rasa, kreativitas, dan tren yang.

Pola irama yang bebas

Selain gerakannya, pola irama musik tari kontemporer juga cenderung bebas. Tidak ada aturan yang mengatur serta musik tari kontemporer harus seperti apa. Irama dan musik disesuaikan dengan cerita untuk membentuk suasana yang sesuai dengan konsepnya.

Pengulangan pertujukan tidak akan sama dengan pertunjukkan sebelumnya

Tari kontemporer bebas dan lebih menunjukkan ekspresi pribadi seorang penari. Tidak adanya pakem aturan yang membuat pertunjukkan tidak akan sama dengan pertunjukkan sebelumnya.

Sulit untuk mempertahankan detail gerakan, eskpresi, dan durasi kontemporer untuk tetap sama setelah lebih dari satu pertunjukkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber KBBI
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.