Kompas.com - 03/12/2021, 17:32 WIB
Ilustrasi komunikasi yang efektif Freepik.com/StoriesIlustrasi komunikasi yang efektif

KOMPAS.comKomunikasi yang efektif terjadi ketika komunikator (pengirim pesan) dan komunikan (penerima pesan) mencapai kesamaan makna.

Biasanya komunikasi yang efektif akan menghasilkan perubahan sikap atau memberi pengaruh untuk penerima pesan.

Apa yang dimaksud dengan komunikasi yang efektif?

Maksud dari komunikasi yang efektif adalah komunikasi yang berhasil mencapai kesepahaman antara pengirim dan penerima pesan.

Menurut Tommy Suprapto dalam buku Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi (2009), komunikasi dikatakan efektif apabila komunikan menerima pesan, makna, atau maksud, sebagaimana yang dikehendaki oleh pengirim pesan.

Wilbur Schramm menyebutkan komunikasi sebagai suatu proses berbagi atau sharing process. Hal ini bisa dimaknai bahwa komunikasi merupakan upaya menumbuhkan kebersamaan (commonness) dengan lawan bicaranya.

Dikutip dari buku Komunikasi Keperawatan (2017) karya Eti Wati dan Arni Wianti, komunikasi efektif dalam bahasa asing dikenal dengan istilah the communication is in tune. Artinya kedua belah pihak saling berkomunikasi dan sama-sama mengerti pesan yang sedang dibicarakan.

Baca juga: Proses dan Fungsi Komunikasi Menurut Para Ahli

Contoh komunikasi yang efektif

Komunikasi efektif bisa diketahui secara verbal, maupun nonverbal. Verbal berarti komunikasi efektif bisa dilihat dari penyampaian dan penerimaan pesan. Sedangkan nonverbal bisa dilihat dari gerak-gerik tubuh serta raut wajahnya.

Berikut contohnya:

  • Kesepahaman tentang peraturan organisasi

Dalam organisasi, komunikasi bisa dikatakan efektif apabila tiap anggota organisasi memahami peraturan yang ada. Misalnya anggota organisasi menaati dan menjalankan peraturan.

  • Mahasiswa memahami penjelasan dosen

Dalam pembelajaran, komunikasi bisa dikatakan efektif jika mahasiswa memahami dan mengerti penjelasan dosen. Misalnya penjelasan tentang materi dan tugas perkuliahan.

  • Menanggapi dengan baik orang yang sedang berbicara

Salah satu ciri komunikasi yang efektif adalah menjadi pendengar yang baik, termasuk memberi tanggapan atau respon terkait pesan atau informasi yang dikirimkan.

  • Berbicara dengan menggunakan bahasa yang sopan

Komunikasi efektif dapat terwujud ketika kedua belah pihak berbicara menggunakan bahasa yang sopan dan sesuai dengan norma yang berlaku.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.