Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komunikasi: Pengertian dan Unsurnya

Kompas.com - 03/12/2021, 14:36 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Komunikasi dapat dimaknai sebagai kegiatan manusia untuk saling mengirim, menerima, memahami, serta mengerti suatu pesan.

Dalam menjalin komunikasi, kegiatan ini hanya akan berlangsung selama ada kesamaan makna yang diperbincangkan antara komunikator (pengirim pesan) dengan komunikan (penerima pesan).

Pengertian komunikasi

Apa itu komunikasi?

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan (message) dari pengirim (sender) kepada penerimanya (receiver), lewat sebuah medium (channel), yang dapat mengalami gangguan (noise).

Dalam buku Komunikasi dalam Perspektif Teori dan Praktik (2017) karya Yetty Oktarina dan Yudi Abdullah, istilah komunikasi berasal dari bahasa Latin, communis, berarti membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih.

Bernard Berelson dan Gary A. Steiner mendefinisikan komunikasi sebagai transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan, dan sebagainya, lewat penggunaan simbol, kata, gambar, figure, grafik, atau lainnya.

Sementara, Gerald R. Miller menjelaskan bahwa komunikasi terjadi ketika sumber menyampaikan suatu pesan kepada penerimanya, dengan niat yang disadari untuk memengaruhi tingkah laku si penerima pesan.

Baca juga: Komunikasi: Pengertian Para Ahli, Fungsi, Tujuan, dan Jenis-Jenisnya

Unsur-unsur komunikasi

Secara garis besar, unsur-unsur komunikasi terdiri atas, pengirim, pesan, encoding, saluran komunikasi, penerima, decoding, serta umpan balik atau feed back.

Sebagaimana dikutip dari buku Business Communication: Konsep dan Praktik Berkomunikasi (2020) karya Alvian Hardianto, dkk, William J. Seller membagi unsur komunikasi menjadi tujuh bagian, yakni:

Encoding-decoding

Dalam ilmu komunikasi, kegiatan menghasilkan pesan disebut encoding. Sedangkan tindakan penerimaan pesan disebut decoding. Orang yang melakukannya disebut encoder dan decoder. Proses encoding dan decoding terjadi secara bersamaan dan membutuhkan timbal balik.

Sumber penerima

Unsur komunikasi ini menegaskan bahwa setiap orang yang terlibat dalam proses komunikasi merupakan komunikator (pihak pemberi pesan) sekaligus komunikan (pihak penerima isi pesan).

Kompetensi komunikasi

Adalah unsur komunikasi yang mengacu pada kemampuan seseorang untuk berkomunikasi secara efektif. Kompetensi ini meliputi pengetahuan serta bentuk pesan yang disampaikan.

Umpan balik atau feed back

Feed back adalah informasi atau pesan yang dikirimkan kembali ke sumbernya, sebagai bentuk tanggapan atau jawaban atas isi pesan yang diterima.

Baca juga: Apa itu Komunikasi Intrapersonal?

Gangguan

Gangguan yang muncul dapat menghalangi atau mengganggu komunikan dalam menerima pesan, serta menghambat komunikator dalam mengirimkan pesan.

Saluran

Adalah bentuk media atau alat yang digunakan untuk mengirimkan pesan. Biasanya komunikasi dilakukan lewat satu saluran, namun tak jarang pula menggunakan dua, tiga, atau lebih saluran.

Pesan

Pesan adalah isi dari komunikasi yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan. Bentuk pesan bisa berupa tulisan, nada, suara, isyarat, gerak tubuh, maupun raut wajah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com