Kompas.com - 03/12/2021, 14:36 WIB
Ilustrasi komunikasi di lingkungan kantor Dok. ShutterstockIlustrasi komunikasi di lingkungan kantor

KOMPAS.com - Komunikasi dapat dimaknai sebagai kegiatan manusia untuk saling mengirim, menerima, memahami, serta mengerti suatu pesan.

Dalam menjalin komunikasi, kegiatan ini hanya akan berlangsung selama ada kesamaan makna yang diperbincangkan antara komunikator (pengirim pesan) dengan komunikan (penerima pesan).

Pengertian komunikasi

Apa itu komunikasi?

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan (message) dari pengirim (sender) kepada penerimanya (receiver), lewat sebuah medium (channel), yang dapat mengalami gangguan (noise).

Dalam buku Komunikasi dalam Perspektif Teori dan Praktik (2017) karya Yetty Oktarina dan Yudi Abdullah, istilah komunikasi berasal dari bahasa Latin, communis, berarti membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih.

Bernard Berelson dan Gary A. Steiner mendefinisikan komunikasi sebagai transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan, dan sebagainya, lewat penggunaan simbol, kata, gambar, figure, grafik, atau lainnya.

Sementara, Gerald R. Miller menjelaskan bahwa komunikasi terjadi ketika sumber menyampaikan suatu pesan kepada penerimanya, dengan niat yang disadari untuk memengaruhi tingkah laku si penerima pesan.

Baca juga: Komunikasi: Pengertian Para Ahli, Fungsi, Tujuan, dan Jenis-Jenisnya

Unsur-unsur komunikasi

Secara garis besar, unsur-unsur komunikasi terdiri atas, pengirim, pesan, encoding, saluran komunikasi, penerima, decoding, serta umpan balik atau feed back.

Sebagaimana dikutip dari buku Business Communication: Konsep dan Praktik Berkomunikasi (2020) karya Alvian Hardianto, dkk, William J. Seller membagi unsur komunikasi menjadi tujuh bagian, yakni:

Encoding-decoding

Dalam ilmu komunikasi, kegiatan menghasilkan pesan disebut encoding. Sedangkan tindakan penerimaan pesan disebut decoding. Orang yang melakukannya disebut encoder dan decoder. Proses encoding dan decoding terjadi secara bersamaan dan membutuhkan timbal balik.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.