Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan dan Pelaksanaan Pameran Seni Rupa

Kompas.com - 02/04/2024, 11:30 WIB
Eliza Naviana Damayanti,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pameran merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan ide atau gagasan melalui media karya seninya.

Pameran seni rupa adalah suatu usaha menyajikan karya seni rupa untuk dikomunikasikan kepada penikmat seni khususnya dan masyarakat luas pada umumnya sehingga mendapatkan apresiasi. 

Tahap awal penyelenggaraan pameran yaitu membutuhkan persiapan untuk pelaksanaan pameran dan tahap terakhir adalah pelaksanaan pameran.

Agar kalian lebih mengerti tentang hal apa saja yang perlu disiapkan, berikut penjelasannya:

Persiapan pameran

Mempersiapkan pameran yaitu menyiapkan dan memilih karya serta menyiapkan perlengkapan pameran. Berikut hal-hal yang harus disiapkan:

  • Mengumpulkan dan memilih karya seni rupa

Setelah semua karya di kumpulkan, karya yang akan dipamerkan akan dipilih atau diseleksi. Teknik pemilihan karya dapat dilakukan berdasarkan kualitas karya, jenis, ukuran, dan kriteria lain sesuai ketentuan panitia pameran.

Jenis karya yang dipamerkan dapat ditentukan satu jenis karya saja atau campuran dari berbagai jenis. Penentuan jenis karya akan memengaruhi perlengkapan pameran yang harus disediakan.

  • Menyiapkan ruang pameran

Penyelenggaraan pameran memerlukan perlengkapan, seperti ruangan, meja, buku tamu, buku pesan dan kesan, panel, lampu sorot, sound system, serta poster.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam ruang pameran, sebagai berikut:

    1. Ruang pameran ditata agar dapat memberikan kenyamanan kepada pengunjung
    2. Usahakan komunikasi antara pengunjung dan penyelenggara pameran dapat berjalan dengan baik
    3. Jalur lalu lintas dalam ruang pameran diatur dan diusahakan satu arah dengan membedakan antara pintu masuk dan pintu keluar.
    4. Karya yang dipamerkan disusun dengan menarik dan mudah dilihat sehingga pengunjung dapat menikmatinya serta mengapresiasi karya tersebut.

Baca juga: Pameran Seni Rupa: Pengertian, Manfaatnya, dan Jenis

Pelaksanaan pameran 

Pelaksanaan pameran mencakup kegiatan pelaksanaan kerja panitia secara bersama-sama, penataan ruangan, pelaksanaan pameran, dan penyusunan laporan. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan.

  • Pelaksanaan kerja kepanitiaan

Pelaksanaan pameran menjadi puncak dari kegiatan pameran setelah melalui tahap persiapan. Kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan kegiatan in bergantung pada kerja sama serta komitmen seluruh panitia

  • Penataan ruang pameran

Dalam penataan ruang pameran kitaa dapat mempertimbangkan arsu pengunjung, komposisi penataan karya yang serasi, pengaturan jarak serta tinggi rendah pandangan terhadap karya dua dimensi dan tiga dimensi. Beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

    1. Penataan alur masuk pengunjung
    2. Penataan dan penempatan karya
    3. Penataan pencahayaan
    4. Pembukaan pameran
    5. Menyambut dan memandu tamu (pengunjung)
    6. Penyusunan laporan pertanggungjawaban kegiatan pameran

Baca juga: Kelengkapan dalam Pameran Seni Rupa

 

Referensi:

  • Gerry Rachmat, R. S. (2017). Tata Cahaya dalam Pameran Seni Rupa: Cahaya Memperkuat Informasi Yang Disampaikan Perupa. Jurnal Seni Rupa.
  • Rashid Bin Tansi, A. A. (2019). Manajemen Pelaksanaan Pameran Studi Khusus Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa Universitas Muhammadiyah Makassar. Pendidikan Seni Rupa, Universitas Negeri Makassar.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com