Kompas.com - 31/05/2021, 12:35 WIB
Ilustrasi pameran seni freepik.com/pch.vectorIlustrasi pameran seni

KOMPAS.com - Saat akan mengadakan pameran seni rupa, persiapan menjadi hal terpenting. Kelengkapan sarana dan prasarana juga harus diperhatikan agar pameran tersebut berjalan dengan lancar.

Dalam seni rupa, pameran sering diadakan oleh seniman atau pekerja seni, tujuannya untuk menyampaikan gagasan terkait hasil karyanya ke publik. Pameran bisa diadakan di berbagai tempat dengan tujuan khusus tertentu.

Namun, sebelum membuat pameran seni rupa, ada beberapa hal penting yang harus disiapkan dan diperhatikan. Apa sajakah itu?

Menurut Bandi Sobandi dalam Penyelenggaraan Pameran (2013), hal pertama yang harus dilakukan dalam pameran ialah menyiapkan karya pameran sesuai dengan tema pamerannya, setelah itu karya tersebut akan diseleksi atau dipilih lagi.

Baca juga: Pengelompokkan Seni Rupa dalam Pameran

Kelengkapan pameran seni rupa

Setelah menentukan hasil karya seni rupa yang akan dipamerkan. Langkah berikutnya ialah menentukan kelengkapan dari peralatan yang dibutuhkan, agar pameran berjalan dengan lancar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa kelengkapan dalam pameran seni rupa, diantaranya:

  • Sketsel atau papan panil

Melansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sketsel dalam pameran seni rupa sering digunakan sebagai tempat untuk meletakkan karya seni rupa dua dimensi, seperti hasil lukisan, gambar atau foto, kerajinan dinding, dan lain sebagainya.

Selain itu, sketsel atau papan panil juga sering digunakan menjadi pembatas ruangan dalam pameran seni rupa, khususnya jika karya seni rupa yang dipamerkan cukup banyak. Sketsel menjadi salah satu kelengkapan utama yang dibutuhkan dalam pameran seni rupa.

  • Level

Level merupakan alat peninggi yang lumrah digunakan untuk meletakkan karya seni tiga dimensi, seperti patung, keramik, kerajinan kriya atau lainnya.

Level biasanya berbentuk kotak, namun ada pula yang bentuknya bulat. Penggunaan level dalam pameran seni rupa akan membuat hasil karya yang dipamerkan semakin terlihat menarik.

Baca juga: Yang Perlu Diperhatikan dalam Pameran

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X