Kompas.com - 27/10/2021, 12:00 WIB
Ilustrais pentingnya komunikasi dalam masyarakat freepik.com/ peoplecreationsIlustrais pentingnya komunikasi dalam masyarakat

KOMPAS.com – Komunikasi merupakan salah keterampilan yang paling dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat.

Keterampilan komunikasi yang baik akan membentuk kehidupan sosial yang baik pula. Beirkut peranaan keterampilan berkomunikasi baik dalam masyarakat maupun dunia pendidikan, khususnya IPS: 

Meningkatkan pengetahuan

Menurut Marfuah dalam jurnal Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw (2017) menyebutkan bahwa proses pembelajaran terjadi akibat adanya komunikasi, baik itu komunikasi intrapersonal maupun komunikasi interpersonal.

Komunikasi intrapersonal adalah komunikasi dengan diri sendiri seperti berpikir, membentuk ide dan persepsi, mengingat, juga memahami. Adapun komunikasi ainterpersonal adalah bertukar informasi dengan orang lain.

Maka, keterampilan komunikasi berperan penting dalam pengetahuan seseorang. Semakin terampil berkomunikasi, maka semakin banyak ilmu pengetahuan yang bisa didapatkan.

Baca juga: Apa itu Komunikasi Intrapersonal?

Membantu pemecahan konflik

Konflik adalah suatu masalah yang kerap terjadi dalam kehidupan manusia. Konflik dapat memberikan pengaruh buruk dan kerugian pada kehidupan jika tidak diselesaikan dengan baik. Keterampilan komunikasi yang baik dapat membantu pemecahan konflik dengan cepat dan hasil yang baik.

Menurut J. A. F. Stoner dalam buku Human Resource Management (1992) metode dominasi, kompromi, dan pemecahan masalah secara integrative merupakan metode penyelesaian konflik yang paling sering digunakan. Di mana ketiga metode tersebut membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik.

Membantu menyampaikan informasi dengan benar

Komunikasi berperan dalam menyampaikan informasi dengan benar. Di mana informasi yang didapat penerima sesuai dengan niat yang ditujukan oleh pemberi informasi. Pemberi  informasipun mendapatkan respon yang sesuai harapan dari penerima informasi.

Membantu mengekspresikan diri

Komunikasi berperan dalam pengekspresikan diri. Di mana manusia memiliki perasaan yang ingin diekspresikan.

Keterampilan komunikasi yang baik, membuat seseorang dapat mengekspresikan diri dengan baik, sehingga orang lain lebih bisa memahaminya.

Baca juga: Definisi Komunikasi Persuasif

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.