Kompas.com - 27/10/2021, 09:00 WIB
Ilustrasi hunian hijau SHUTTERSTOCKIlustrasi hunian hijau

KOMPAS.com – Lingkungan tempat tinggal yang bersih dan sehat adalah hak bagi semua manusia. Apakah menurutmu tempat tinggalmu termasuk lingkungan sehat?

Contoh lingkungan tempat tinggal yang bersih adalah:

Memiliki udara yang bersih dan segar

Lingkungan tempat tinggal yang bersih memiliki udara yang bersih dan segar. Udara bersih artinya tidak terdapat banyak polusi, tidak berwarna, terasa segar ketika dihirup, dan tidak menimbulkan masalah kesehatan.

Dilansir dari UN Environment Programme, sekitar tujuh juta orang meninggal setiap tahunnya karena penyakit dan infeksi yang berhubungan dengan polusi udara (lima kali lipat jumlah orang yang tewas dalam kecelakaan lalu lintas).

Memiliki banyak pohon dan tanaman

Lingkungan tempat tinggal yang bersih memiliki banyak pohon dan juga tanaman hijau. Tumbuhan memproduksi oksigen dan menyerap karbon dioksida sehingga menjadikan udara bersih, sejuk, dan segar.

Baca juga: Ciri-ciri Lingkungan Sehat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Memiliki pasokan dan akses mudah ke air bersih

Lingkungan tempat tinggal yang bersih memiliki pasokan air bersih yang cukup untuk minum dan kegiatan masyarakatnya. Pasokan air bersih tersebut juga harus bisa diakses dengan mudah dan aman oleh semua orang, termasuk anak-anak.

Memiliki sanitasi yang baik

Sanitasi yang baik adalah ciri-ciri tempat tinggal yang baik. Ketiadaan toilet dan fasilitas kebersihan yang baik membuat masyarakat buang air sembarangan.

Menyadur dari UNICEF, buang air besar sembarangan dan limbah air yang tidak diolah menyebabkan penyebaran penyakit seperti diare dan kolera.

Adapun diare merupakan salah satu penyebab utama kematian anak di Indonesia. Sehingga kita memerlukan toilet yang aman dan bersih, sumber air yang cukup, tempat cuci tangan, dan juga fasilitas kebersihan yang lain untuk mencapai sanitasi yang baik di lingkungan.

Lingkungan bersih dari sampah

Lingkungan yang bersih dari sampah juga limbah merupakan ciri-ciri yang baik. Lingkungan yang bersih dicirikan dengan tidak adanya sampah yang berserakan atau menumpuk, tempat pembuangan sampah yang mudah ditemukan, dan juga fasilitas pengelolaan sampah serta limbah yang baik.

Baca juga: Cara Agar Lingkungan Sehat dan Terhindar dari Bencana Alam

Memiliki drainase yang baik

Lingkungan tempat tinggal yang bersih dan baik memiliki drainase atau saluran air yang baik. Drainase yang baik artinya memiliki saluran yang lancar, bisa menampung air dalam jumlah banyak, selalu bersih dan mudah dibersihkan, juga dapat mencegah banjir luapan.

Masyarakatnya sadar akan kebersihan lingkungan

Menurut World Health Organization, sekedar memasang insfrastruktur kebersihan tidak akan meningkatkan kesehatan jika tidak berfungsi sehingga harus ada kesadaran akan pentingnya kebersihan pribadi dan bersama di masyarakat.

Lingkungan hidup yang bersih memiliki masyarakat yang sadar akan pentingnya menjaga kebersihan. Sehingga mereka secara gotong royong menjaga kebersihan dirinya sendiri dan juga lingkungan sekitar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.