Kompas.com - 26/10/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi asma LeventKonukIlustrasi asma

KOMPAS.com - Asma adalah gangguan pernapasan yang disebabkan oleh faktor lingkungan, daya tahan tubuh, atau genetik (keturunan). Penyakit asma bisa menimpa orang dewasa, maupun anak-anak.

Penyakit asma terjadi karena saluran udara di bagian tenggorokan menyempit, sehingga mengakibatkan pembengkakan dan timbulnya lendir.

Ada beberapa gejala umum penyakit asma, yakni:

  1. Napas terdengar berat dan berbunyi.
  2. Sering batuk terutama saat malam hari.
  3. Dada terasa sakit.
  4. Sesak napas atau kesulitan bernapas.

Penyakit asma pada anak

Menurut Aulia Fadhli dalam Buku Pintar Kesehatan Anak (2010), penyakit asma pada anak umumnya disebabkan oleh beberapa faktor, yakni:

  1. Emosi
    Gangguan emosi pada anak bisa menyebabkan penyempitan saluran napas dan akhirnya menimbulkan asma.
  2. Alergi
    Selain emosi, asma pada anak juga dapat disebabkan oleh alergi. Contohnya alergi debu, asap, dan lainnya.

Baca juga: Riley-Day Syndrome, Penyebab Orang Jadi Kebal Rasa Sakit

Pencegahan asma pada anak

Bagaimana cara pencegahan asma pada anak? Dikutip dari buku Deteksi dan Cepat Obati 30+ Penyakit yang Sering Menyerang Anak (2014) karya Rendi Aji Prihaningtyas, berikut cara pencegahan asma pada anak:

  • Menghindari faktor penyebab asma pada anak, seperti asap rokok, debu, polusi udara, dan berhenti mengonsumsi makanan yang dapat memicu alergi pada anak.
  • Mencegah anak untuk tidak berinteraksi pada faktor penyebab asma lainnya, seperti serangga, obat nyamuk, kayu bakar, asap lampu minyak, dan sebagainya.
  • Menjaga lingkungan sekitar rumah. Contohnya rutin membersihkan rumah dari debu, menjaga kebersihan kandang hewan jika memilikinya, dan menanam pohon atau tanaman supaya udara bersih serta segar.
  • Memiliki ventilasi udara yang baik. Artinya ada ruang yang cukup untuk pertukaran udara dari luar ke dalam rumah, maupun sebaliknya.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.