Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Kompas.com - 26/10/2021, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Kesenjangan dalam bidang sosial dan ekonomi memperlihatkan bahwa ada jurang pemisah atau ketidakseimbangan antara kelompok masyarakat yang satu dan yang lain.

Akibatnya terjadilah ketidakadilan dan perasaan cemburu ketika melihat kelompok masyarakat lain hidup dengan rasa nyaman serta berkecukupan.

Kesenjangan sosial ekonomi

Sriyana dalam buku Perubahan Sosial Budaya (2020) mengartikan kesenjangan sosial ekonomi sebagai perbedaan kondisi sosial dan ekonomi dalam sebuah masyarakat. Ada kelompok yang punya tingkat kesejahteraan tinggi, namun ada pula yang berada di tingkat rendah.

Kesenjangan sosial ekonomi merupakan suatu keadaan yang tidak seimbang di bidang sosial dan ekonomi dalam masyarakat.

Kondisi tersebut terjadi karena kurangnya kesempatan untuk memperoleh penghasilan, mendapat kesempatan kerja, dan kesempatan untuk berpartisipasi dalam pembangunan.

Baca juga: Contoh Kelompok Sosial yang Terbentuk dari Faktor Geografis

Menurut Rustan dalam buku Pusaran Pembangunan Ekonomi (2019), kesenjangan sosial ekonomi timbul karena adanya ketidaksamaan kemampuan suatu kelompok masyarakat di bidang sosial dan ekonomi.

Artinya ada kelompok yang mampu memenuhi segala kebutuhannya. Namun, ada pula yang tidak dapat memenuhi kebutuhan pokoknya. Hal ini akan semakin memperlihatkan adanya ketidakseimbangan di bidang sosial ekonomi.

Contoh dampak kesenjangan sosial ekonomi

Ada beberapa contoh dampak kesenjangan sosial ekonomi, yakni:

  • Kecemburuan sosial terhadap kelompok lain

Kelompok masyarakat merasa cemburu ketika melihat kelompok masyarakat lainnya bisa memenuhi segala kebutuhannya, baik kebutuhan pokok, maupun keperluan lain, seperti kendaraan, alat komunikasi, dan lain sebagainya.

  • Timbulnya kelompok-kelompok dalam masyarakat

Kesenjangan sosial ekonomi melahirkan kelompok-kelompok dalam masyarakat. Contohnya kelompok kaya dan kelompok miskin. Kelompok kaya memiliki gaya hidup serba mewah. Sedangkan kelompok miskin hidup serba kekurangan.

Baca juga: Manfaat dari Pembangunan Sosial Budaya Lain bagi Masyarakat Setempat

  • Perbedaan tingkat kesejahteraan

Dalam kesenjangan sosial ekonomi, terlihat jelas adanya perbedaan tingkat kesejahteraan masyarakat, yakni antara mereka yang punya tingkat kesejahteraan tinggi, dan mereka yang tingkat kesejahteraannya rendah.

  • Timbulnya kriminalitas, pengangguran, dan kemiskinan

Contoh dampak lain dari kesenjangan sosial ekonomi adalah timbulnya kriminalitas, pengangguran, serta kemiskinan.

Kriminalitas muncul karena ketidakmampuan seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pengangguran terjadi karena tidak adanya kesempatan kerja. Sementara, kemiskinan timbul karena tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+