Kompas.com - 26/10/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi pidato persuasif freepik.com/wavebreakmedia_micIlustrasi pidato persuasif

Oleh: Sri Rahayu, Guru SMPN 13 Balikpapan, Kalimantan Timur

 

KOMPAS.com -  Apa itu pidato persuasif? Bagaimana struktur pidato persuasif? Bagaimana manfaat penggunaan pidato persuasif? Tiga pertanyaan itu mungkin sering diajukan siswa ketika  ketika  belajar tentang pidato persuasif. 

Pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan untuk memengaruhi, mengajak, atau membujuk pendengar untuk mengikuti keinginan orator (orang yang berpidato) secara sukarela.

Dalam kehidupan sehari-hari, pidato persuasif sering digunakan pada acara- acara seperti peringatan hari kemerdekaan, peringatan hari pahlawan, hari lingkungan hidup, bulan bahasa, upacara bendera, ajakan menjaga kebersihan lingkungan, dan lain-lain.

Karakteristik pidato persuasif

Pidato persuasif merupakan pidato yang berusaha membujuk atau mengajak pendengar. Pada bagian akhir pidato persuasif biasanya ditandai dengan kata-kata atau kalimat ajakan, misalnya "mari”, ”ayo”, dan lain-lain.

Manfaat pidato persuasif antara lain untuk mengajak, memengaruhi, meyakinkan, atau mengubah pikiran audiens sehingga melakukan apa yang diinginkan oleh orator.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 SD

Ciri teks pidato persuasif di antaranya:

  • Berusaha menjelaskan dan menarik perhatian pendengar.
  • Berusaha menciptakan kesepakatan melalui kepercayaan antara pendengar dan orator.
  • Berusaha menghindari konflik agar kesepakatan pendapat tercapai.
  • Menggunakan fakta dan data agar argumentasi lebih kuat.

Struktur pidato persuasif

Sebelum melakukan pidato persuasif, kita perlu menyiapkan teks pidato persuasif agar apa yang akan kita sampaikan runtut dan mencapai tujuan yang diharapkan. Struktur teks pidato persuasif dibangun oleh tiga tiga unsur utama, yakni sebagai berikut:

Pembukaan

Pembukaan teks pidato terdiri atas salam pembuka, sapaan kepad audiens, dan ucapan rasa syukur. Biasanya salam pembuka berupa Assalamu alaikum wr.wb, salam sejahtera, selamat pagi, selamat siang, dan lain-lain.

Contoh ucapan penghormatan:

Bapak-Bapak, Ibu-Ibu, dan Hadirin yang saya hormati.

Contoh ucapan syukur:

Marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan karunia-Nya sehingga hari ini kita dapat bersilaturahmi dalam keadaan sehat wal afiat.

Baca juga: Tujuan Membuat Kerangka Sebelum Membuat Teks Pidato

Isi pidato

Isi pidato merupakan bagian penting yang mengandung inti dari hal yang ingin disampaikan dan dibicarakan. Di sini, orator menjelaskan secara detail tentang materi dan ajakan yang diinginkannya.

Penutup

Penutup berisi kesimpulan materi, permintaan maaf jika terjadi salah kata, dan salam penutup.

Contoh tejs pidato persuasif

Berikut contoh teks pidato persuasif beserta strukturnya: 

(Pendahuluan)

Assalamualaikum Wr.Wb.
Yth. Bapak  Kepala Sekolah
Yth. Bpk/Ibu  wali  kelas
Serta teman-teman sekalian yang saya cintai

Marilah kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT karena atas berkah dan karunia-Nya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat.

Baca juga: Pidato: Tujuan dan Jenisnya

(Isi)

Teman-teman yang saya banggakan,

Kita semua tahu bahwa lingkungan merupakan tempat kita menggantungkan hidup. Untuk itu, kita perlu menjaga lingkungan agar bumi memberikan keuntungan bagi kita, bukan kerugian atau bencana. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan.

Arti kebersihan lingkungan adalah suatu keadaan di mana lingkungan tersebut layak ditinggali manusia serta keadaan kesehatan manusia secara fisik dapat terjaga. Karena itu penting bagi kita untuk menjaga kebersihan  lingkungan  agar  tercipta  kehidupan yang  ayak dan sejahtera.

Teman-teman yang Berbahagia

Menjaga  kebersihan lingkungan merupakan cara terbaik mencegah berbagai penyakit yang mengancam, terutama di musim penghujan seperti sekarang.Kita bisa memulainya dengan membersihkan lingkungan sekolah kita.

Apabila sekolah kita bersih, saya yakin orang lain akan mencontoh kebiasaan baik kita dalam membersihkan lingkungan. Sebagai penghuni sekolah ini, kita juga akan terkena dampak positifnya yakni kegiatan belajar mengajar menjadi lebih nyaman karena lingkungan sekolah bersih.

Ada berbagai cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah, misalnya dengan membuang sampah yang ada di  lingkungan sekolah ke tempat  sampah dan melaksanakan piket kelas setiap hari secara teratur. 

Kita juga dapat melaksanakan gotong royong 30 menit setiap hari Jumat dalam rangka membersihkan lingkungan sekolah.

Baca juga: Unsur-unsur dan Struktur Teks Pidato

(Penutup)

Teman-teman Sekalian,

Sebagai penutup, izinkan saya mengutip kata-kata mutiara bahwa kebersihan merupakan syarat mutlak untuk mencapai kesehatan. Karena itu supaya tetap sehat, kita harus menjaga kebersihan lingkungan kita. Marilah ke depannya kita bersama-sama  dapat  lebih  giat  lagi menjaga  kebersihan  lingkungan.

Sekian  pidato  yang dapt saya sampaikan, kurang  lebihnya   saya   mohon  maaf.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.