Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pidato Persuasif: Manfaat, Struktur, dan Contohnya

Kompas.com - 26/10/2021, 13:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Sri Rahayu, Guru SMPN 13 Balikpapan, Kalimantan Timur

 

KOMPAS.com -  Apa itu pidato persuasif? Bagaimana struktur pidato persuasif? Bagaimana manfaat penggunaan pidato persuasif? Tiga pertanyaan itu mungkin sering diajukan siswa ketika  ketika  belajar tentang pidato persuasif. 

Pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan untuk memengaruhi, mengajak, atau membujuk pendengar untuk mengikuti keinginan orator (orang yang berpidato) secara sukarela.

Dalam kehidupan sehari-hari, pidato persuasif sering digunakan pada acara- acara seperti peringatan hari kemerdekaan, peringatan hari pahlawan, hari lingkungan hidup, bulan bahasa, upacara bendera, ajakan menjaga kebersihan lingkungan, dan lain-lain.

Karakteristik pidato persuasif

Pidato persuasif merupakan pidato yang berusaha membujuk atau mengajak pendengar. Pada bagian akhir pidato persuasif biasanya ditandai dengan kata-kata atau kalimat ajakan, misalnya "mari”, ”ayo”, dan lain-lain.

Manfaat pidato persuasif antara lain untuk mengajak, memengaruhi, meyakinkan, atau mengubah pikiran audiens sehingga melakukan apa yang diinginkan oleh orator.

Baca juga: Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 SD

Ciri teks pidato persuasif di antaranya:

  • Berusaha menjelaskan dan menarik perhatian pendengar.
  • Berusaha menciptakan kesepakatan melalui kepercayaan antara pendengar dan orator.
  • Berusaha menghindari konflik agar kesepakatan pendapat tercapai.
  • Menggunakan fakta dan data agar argumentasi lebih kuat.

Struktur pidato persuasif

Sebelum melakukan pidato persuasif, kita perlu menyiapkan teks pidato persuasif agar apa yang akan kita sampaikan runtut dan mencapai tujuan yang diharapkan. Struktur teks pidato persuasif dibangun oleh tiga tiga unsur utama, yakni sebagai berikut:

Pembukaan

Pembukaan teks pidato terdiri atas salam pembuka, sapaan kepad audiens, dan ucapan rasa syukur. Biasanya salam pembuka berupa Assalamu alaikum wr.wb, salam sejahtera, selamat pagi, selamat siang, dan lain-lain.

Contoh ucapan penghormatan:

Bapak-Bapak, Ibu-Ibu, dan Hadirin yang saya hormati.

Contoh ucapan syukur:

Marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan karunia-Nya sehingga hari ini kita dapat bersilaturahmi dalam keadaan sehat wal afiat.

Baca juga: Tujuan Membuat Kerangka Sebelum Membuat Teks Pidato

Isi pidato

Isi pidato merupakan bagian penting yang mengandung inti dari hal yang ingin disampaikan dan dibicarakan. Di sini, orator menjelaskan secara detail tentang materi dan ajakan yang diinginkannya.

Penutup

Penutup berisi kesimpulan materi, permintaan maaf jika terjadi salah kata, dan salam penutup.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com