Kompas.com - 26/10/2021, 16:30 WIB
Ilustrasi lingkungan sehat freepik.com/pch.vectorIlustrasi lingkungan sehat

KOMPAS.com Lingkungan sehat ditandai dengan kualitas udara bersih, yakni tidak berbau dan tidak tercemar oleh polusi atau asap. Lingkungan sehat membuat nyaman orang yang tinggal di lingkungan tersebut.

Selain menciptakan kenyamanan, lingkungan sehat juga memengaruhi kesehatan masyarakatnya. Apabila lingkungannya sehat, masyarakatnya juga akan sehat.

Menurut Teuku Salfiyadi dalam buku Manajemen Pendidikan Kesehatan (Untuk Sekolah Dasar) (2021), lingkungan sehat adalah lingkungan yang udara, air, serta tanahnya bersih dan terbebas dari segala bentuk pencemaran atau polusi.

Sangat penting untuk menjaga kesehatan lingkungan. Karena lingkungan di Bumi merupakan tempat manusia dan makhluk hidup lainnya tinggal.

Baca juga: Kewajiban dalam Kegiatan Kerja Bakti Membersihkan Lingkungan Kelas

Ciri-ciri lingkungan sehat

Apa ciri-ciri lingkungan yang sehat?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Kualitas udaranya bersih, segar, dan sejuk

R. Sihadi Darmo Wihardjo dan Henita Rahmayanti dalam buku Pendidikan Lingkungan Hidup (2021), menuliskan ciri lingkungan yang sehat memiliki kualitas udara bersih, segar, dan sejuk. Udara tersebut tidak berwarna hitam atau putih, serta tidak berbau.

  • Adanya tempat pembuangan sampah

Lingkungan yang sehat juga ditandai dengan adanya tempat pembuangan sampah, baik organik maupun anorganik. Ketersediaan tempat sampah di suatu lingkungan dapat membantu mengurangi pencemaran lingkungan dan mencegah penyakit.

  • Pengelolaan sampah

Tidak hanya memiliki tempat pembuangan sampah, sebaiknya juga ada pengelolaan lebih lanjut. Sebagai contoh pengelolaan sampah organik dan anorganik. Apabila tidak dikelola, sampah akan menumpuk dan akhirnya membuat lingkungan menjadi kotor dan tidak sehat.

  • Saluran air yang lancar dan tidak berbau

Ciri lingkungan sehat lainnya adalah saluran air yang lancar dan tidak berbau. Saluran air yang lancar membuat masyarakat bisa melakukan aktivitas MCK (Mandi Cuci Kakus) dengan baik. Sehingga kesehatan lingkungan dan penduduk tetap terjaga.

Baca juga: Kewajiban terhadap Tuhan yang berhubungan dengan Lingkungan Sekolah

  • Banyak tumbuhan hijau

Agar bisa disebut lingkungan sehat, lingkungan tersebut harus banyak ditumbuhi tumbuhan hijau. Supaya tidak gersang dan udara sekitar tetap terjaga kebersihannya.

  • Adanya pengelolaan limbah yang baik

Lingkungan sehat juga memiliki ciri berupa pengelolaan limbah yang baik di setiap rumah. Pengelolaan ini ditujukan untuk mencegah pencemaran lingkungan, dan menjaga kebersihan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.