Kompas.com - 26/10/2021, 17:30 WIB
Ilustrasi lingkungan tidak sehat freepik.com/ upklyakIlustrasi lingkungan tidak sehat

KOMPAS.com - Lingkungan tidak sehat adalah keadaan atau kondisi lingkungan yang kotor, udaranya berwarna hitam atau putih disertai bau tidak sedap, dan airnya tercemar atau tidak segar.

Kondisi lingkungan sangat berpengaruh pada kesehatan masyarakatnya. Menurut Putri Sella Agustin dalam jurnal Pengaruh Kondisi Lingkungan Tidak Sehat Terhadap Diare Bagi Anak-Anak (2019), kondisi lingkungan yang buruk atau tidak sehat dapat menyebabkan masalah kesehatan besar bagi penduduk di suatu lingkungan. Salah satu contohnya penyakit diare.

Apabila kondisi lingkungan tidak sehat, masyarakat yang tinggal di lingkungan tersebut akan memiliki tingkat kesehatan yang buruk pula. Karena kesehatan seseorang sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan sekitarnya.

Baca juga: Kewajiban terhadap Tuhan yang berhubungan dengan Lingkungan Sekolah

Penyebab lingkungan tidak sehat

Dikutip dari buku Pendidikan Lingkungan Hidup (2021) oleh R. Sihadi Darmo Wihardjo dan Henita Rahmayanti, lingkungan tidak sehat merupakan kebalikan dari lingkungan yang sehat.

Apakah penyebabnya lingkungan tidak sehat?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penyebab utama dari linkungan yang tidak sehat adalah pencemaran air, udara, dan tanah. Pencemaran tersebut akan menciptakan lingkungan yang kotor dan tidak sehat.

Sebagai contoh pencemaran udara menyebabkan gangguan pernapasan. Contoh lainnya, air yang sudah tercemar sangat tidak layak untuk dikonsumsi, baik diminum, dipakai mandi atau memasak.

Selain pencemaran, masih ada beberapa penyebab lain lingkungan tidak sehat, yakni:

  • Tidak ada tempat sampah

Sampah akan menumpuk dan berserakan jika tidak ada tempat sampah. Akibatnya lingkungan menjadi bau, kotor, dan menjadi sarang penyakit.

Baca juga: Apa Kewajiban terhadap Lingkungan Sekolah beserta Contoh Kegiatannya

  • Tidak ada saluran air

Saluran air sangat dibutuhkan untuk keperluan MCK (Mandi Cuci Kakus). Jika tidak ada saluran air, masyarakat akan menggunakan air sungai yang belum tentu bersih dan sehat, untuk keperluan sehari-hari. Akibatnya masyarakat rentan terkena penyakit.

  • Tidak ada pengelolaan limbah

Penyebab lain dari lingkungan tidak sehat adalah tidak adanya pengelolaan limbah. Sehingga sampah menumpuk dan berserakan. Jika dibiarkan, lingkungan akan menjadi kumuh dan tidak sehat untuk ditinggali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.