Kompas.com - 27/10/2021, 10:00 WIB
Ilustrasi kewajiban untuk menjaga lingkungan sehat freepik.com/pikisuperstarIlustrasi kewajiban untuk menjaga lingkungan sehat

KOMPAS.com – Lingkungan sekitar rumah adalah segala sesuatu yang berada di sekitar tempat tinggal kita. Kita memiliki kewajiban terhadap lingkungan sekitar rumah dan bertanggung jawab untuk menunaikannya.

Apa kewajiban kita terhadap lingkungan sekitar rumah?

Dilansir dari United Nations, kita memiliki tanggung jawab besar untuk melindungi jaringan kehidupan di Bumi untuk generasi yang akan datang.

Kewajiban terhadap lingkungan rumah

Cara paling mudah melaksanakan tanggung jawab melindungi jaringan kehidupan di Bumi adalah menunaikan kewajiban terhadap lingkungan rumah. Seperti:

Tidak membuang sampah sembarang

Kewajiban pertama yang harus dijalankan terhadap lingkungan sekitar rumah adalah tidak membuang sampah sembarangan.

Sampah yang dibuang sembarangan dapat membuat lingkungan kotor, bau, penuh penyakit, dan juga banjir. Sehingga sampah harus dibuat pada tempatnya agar lingkungan asri dan bersih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Penyebab Lingkungan Tidak Sehat

Mengurangi sampah

Mengutip dari United States Environmental Protection Agency, cara nomer satu mencegah pencemaran lingkungan adalah mengurangi jumlah sampah yang dibuat sejak awal.

Kita harus mengurangi sampah demi kebaikan lingkungan dan diri kita sendiri. Kita dapat mengurangi sampah melalui prinsip 3R yaitu Reduce, Reuse, dan Recycle.

Turut menjaga dan merawat infrastruktur

kita juga berkewajiban untuk menjaga juga merawat infrastruktur di lingkungan sekitar rumah.

Tidak merusak, tidak mencorat-coret, tidak membuang sampah sembarangan, dan menjaga kebersihan infrastruktur adalah contoh dari merawat infrastruktur. 

Tidak membakar sampah

Kita harus membuang sampah dengan benar dan tidak membakar sampah sembarangan. Membakar sampah, terutama yang berbahan plastik akan mengemisikan gas berbahaya bagi tumbuhan, hewan, dan juga manusia yang menghirupnya.

Baca juga: Kewajiban dalam Kegiatan Kerja Bakti Membersihkan Lingkungan Kelas

Memenjaga kelestarian flora dan fauna

Sebagai manusia yang berakal, kita memiliki kewajiban untuk menjaga kelestarian flora dan fauna terutama di lingkungan sekitar rumah.

Kita tidak boleh merusak tanaman, menebang pohon sembarangan, menyakiti hewan, merusak sarang hewan, dan merusak sumber makanan juga air mereka.

Sebaliknya, kita harus memelihara keberlangsungan hidup flora dan fauna. Menanam pohon, memelihara tumbuhan dan hewan, membersihkan sampah dari lingkungan, dan juga memastikan keberlangsungan hidup mereka adalah hal yang bisa kita lakukan.

Menggunakan teknologi ramah lingkungan

Menggunakan teknologi ramah lingkungan merupakan kewajiban dalam menjaga lingkungan sekitar rumah.

Teknologi ramah lingkungan cenderung aman bagi kehidupan alam dan tidak mengemisikan polusi berbahaya yang merusak lingkungan.

Baca juga: Ciri-ciri Lingkungan Sehat

Menghemat penggunaan air

Bumi diisi oleh 70 persen air, namun sebagian besar merupakan air asin yang tidak dapat dikonsumsi. Dilansir dari National Geographic, hanya 2,5 persen dari total air di bumi yang merupakan air segar dan hanya 1 persen yang mudah diakses karena sisanya merupakan gletser atau ladang salju.

Artinya dari semua air di bumi, seluruh umat manusia hanya berbagi 1 persen air untuk diminum dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Sehingga kita memiliki kewajiban untuk menghemat penggunaan air bagi kebaikan lingkungan juga orang lain.

Menghemat penggunaan bahan bakar dan listrik

Kita memiliki kewajiban untuk menghemat penggunaan bahan bakar, terutama bahan bakar fosil yang suatu hari akan habis.

Menghemat bahan bakar tidak hanya menghemat penggunaan bahan bakar kendaraan bermotor, melainkan juga gas dan listrik.

Baca juga: Kewajiban terhadap Tuhan yang berhubungan dengan Lingkungan Sekolah

Karena sebagian besar listrik diproduksi menggunakan bahan bakar fosil seperti minyak, gas, dan batu bara.

Melansir dari Millennium Alliance for Humanity and Biosphere, diperkirakan minyak bumi akan habis pada 2052, gas alam akan habis pada 2060, dan batu bara akan habis pada tahun 2090.

Sehingga kita wajib menghemat listrik juga bahan bakar lainnya. Penghematan bahan bakar juga artinya mengemisikan lebih sedikit gas karbon dioksida ke atmosfer dan membantu mengurangi pemanasan global.

Mulai menggunakan energi alternatif

Kita juga dapat mulai menggunakan energi alternatif untuk menjaga lingkungan. Energi alternatif cenderung melimpah (dapat diperbaharui) dan juga ramah lingkungan.

Contohnya adalah penggunaan briket dari eceng gondok, panel surya, dan juga pembangkit listrik tenaga angin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.