Kompas.com - 22/09/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi dampak komputer di bidang IPTEK freepik.com/pressfotoIlustrasi dampak komputer di bidang IPTEK

KOMPAS.com – Komputer merupakan perangkat elektronik yang ditemukan pada tahun 1822. Sejak saat itu, komputer memberkan pengaruh yang sangat besar terhadap berbagai bidang kehidupan manusia, salah satunya bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).

Apa dampak perkembangan komputer bagi manusia dalam bidang IPTEK?

Dampak ditemukannya komputer di bidang IPTEK adalah mempermudah perhitungan rumit, memudahkan pengumpulan data, memudahkan analisa data, memudahkan kerja sama antar ilmuan, dan memungkinkan simulasi juga prediksi.

Dampak komputer di bidang IPTEK

Beberapa dampak lain ditemukannya komputer bagi bidang IPTEK, adalah:

  • Mempermudah perhitungan rumit

Komputer dapat mepermudah perhitungan yang rumit baik dalam ilmu fisika, kimia, biologi, juga teknik. Komputer menghitung dengan cepat, teliti, dan juga konsisten, tidak seperti manusia yang kerap lupa ataupun salah menghitung (human error).

Kecepatan dan kerumitan perhitungan yang bisa dilakukan komputer, sesuai dengan kekuatan prosessornya. Komputer dengan prosesor paling kuat saat ini adalah superkomputer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Dampak Ditemukan Komputer dalam Bidang Pendidikan

Dikutip dari Live Science, superkomputer sebesar dua lapangan tenis dapat menghitung sebanyak 200 kuadriliun per detiknya.

Sementara jika manusia bisa menyelesaikan satu hitungan per detik, maka dibutuhkan semua manusia didunia selama 305 hari untuk menyelesaikan 200 kuadriliun hitungan.

  • Memudahkan pengumpulan data

Komputer memudahkan pengumpulan data oleh para ilmuan yang bekerja di bidang IPTEK. Dengan ada internet, data dengan mudah bisa dikirim dan disimpan dalam jumlah besar.

Dilansir dari American Scientist, sebagian ilmuan menghasilkan dan menyimpan beberapa gigabyte setiap tahunnya.

Data dalam jumlah besar tersebut jika disimpan dalam bentuk dokumen kertas, membutuhkan banyak tempat dan juga mudah hilang atau rusak. Namun di komputer, akan tersimpan rapi, bisa diakses kapan saja, dan tidak memerlukan banyak ruang.

  • Memudahkan analisa data

Komputer memudahkan analisa data ilmu pengetahuan dan teknologi. Data digital dalam komputer dapat dianalisa dengan lebih mudah dan praktis menggunakan berbagai macam perangkat lunak. Sehingga memudahkan dan meringkankan kerja para ilmuan.

Baca juga: Bagaimana jika Komputer tidak Ditemukan?

  • Memudahkan kerja sama antarilmuan

Jaringan internet yang terpaut pada komputer dapat memudahkan kerja sama antar ilmuan. Ilmuan dari berbagai penjuru dunia bisa saling berkomunikasi, berbagi data, hasil penelitian, dan berdiskusi secara daring.

Kerja sama yang mudah, memberikan perspektif yang lebih luas sehingga mengembangkan bidang IPTEK lebih cepat.

  • Memungkinkan simulasi dan prediksi

Dalam komputer terdapat perangkat lunak yang melakukan simulasi dan prediksi suatu teknologi. Simulasi dan prediksi memudahkan ilmuan untuk menguji suatu hipotesa tanpa harus melakukannya secara nyata.

Sehingga ilmuan dengan leluasa bisa mengubah-ubah variabel penelitian tanpa harus mengubahnya dalam kehidupan nyata.

Humberto Gerola dan Ralph E. Gomory dalam jurnal Computer in Science and Technology: Early Indications (1984) menyebutkan bahwa teknologi komputer yang berkembang pesat memberikan pengaruh besar pada penelitian dan rekayasa ilmiah sehingga secara praktis dapat membantu prediksi evolusi dan kegunaannya.

Baca juga: Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.