Kompas.com - 21/09/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi perkembangan komputer dari masa ke masa freepik.com/ vectorpocketIlustrasi perkembangan komputer dari masa ke masa

KOMPAS.com - Komputer dengan teknologi canggih yang kita gunakan saat ini, tidak terlepas dari perkembangan dan inovasi yang selalu dilakukan. Dari masa ke masa, komputer terus berkembang ke model yang lebih canggih.

Menurut Moh. Fauzi dalam buku Komputer dan Internet (2018), komputer adalah perangkat elektronik yang dapat difungsikan untuk menerima, mengolah, memberi, serta menyimpan informasi atau program.

Perkembangan komputer dari masa ke masa

Dalam Buku Pintar Menguasai Komputer & Laptop (2010) karya Jarot Setyaji, perkembangan komputer tidak hanya berlangsung selama satu atau dua tahun, melainkan butuh waktu puluhan tahun.

Berikut penjelasan materi tema 3 kelas 6 mengenai perkembangan komputer dari masa ke masa, yakni:

  • Tahun 1941

Komputer generasi awal mulai berkembang di tahun ini. Saat itu, komputer hanya ditujukan untuk perang. Seorang insinyur asal Jerman, Konrad Zuse mendesain pesawat terbang serta peluru kendali menggunakan komputer

Baca juga: Apa Manfaat Komputer bagi Kehidupan Masyarakat?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Tahun 1943

Dua tahun setelahnya, komputer dimanfaatkan oleh pihak Inggris untuk memecahkan berbagai kode rahasia.

  • Tahun 1948

Peralatan bernama transistor ditemukan. Nantinya peralatan ini akan menggantikan tube vakum dalam perangkat elektronik.

  • Tahun 1958

Sebuah sirkuit integrasi atau Integrated Circuit (IC) dikembangkan. Sirkuit ini memungkinkan komponen komputer saling bersatu dan dipadatkan dalam chip.

  • Tahun 1960-an

Mulai tahun 1960, para peneliti berhasil menciptakan komputer generasi kedua yang lebih canggih dibanding generasi awal. Komputer ini sukses di berbagai bidang, mulai dari pendidikan hingga bisnis atau ekonomi.

  • Tahun 1971

Dibuatnya Chip Intel 4004 yang memungkinkan komponen komputer diletakkan atau disimpan dalam chip berukuran sangat kecil.

  • Tahun 1981

Perusahaan IBM mengenalkan penggunaan Personal Computer atau PC, yang bisa digunakan di sekolah, rumah, dan kantor.

  • Tahun 2010

Hingga saat ini, komputer terus berkembang ke arah yang lebih canggih dan modern.

Baca juga: Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Bagaimana perkembangan komputer?

Pada awalnya komputer hanya digunakan untuk tujuan tertentu, seperti perang atau untuk perhitungan angka. Namun, seiring berkembangnya waktu, komputer digunakan untuk kepentingan yang lebih luas, seperti bekerja, membuat konten hiburan, untuk pendidikan dan lain sebagainya.

Selain mengalami perkembangan fungsi atau tujuan, komputer juga mengalami perkembangan bentuk fisik. Mulanya, komputer mempunyai komponen besar dan banyak, sehingga cukup menyulitkan penggunanya.

Namun, kini komputer sudah berkembang menjadi bentuk yang lebih ringkas. Contohnya dengan penggunaan chip, mouse, CPU, keyboard, dan lain sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.