Kompas.com - 22/09/2021, 11:30 WIB
Ilustrasi dampak ditemukannya komputer freepik.com/pch.vectorIlustrasi dampak ditemukannya komputer
Daftar Isi
Buka

    KOMPAS.com – Komputer merupakan perangkat elektronik yang terus berkembang sejak penemuannya. Perkembanga komputer memberikan dampak yang sangat besar bagi kehidupan manusia.

    Apa dampak perkembangan komputer bagi manusia? Dampak utama perkembangan komputer bagi manusia adalah memudahkan pekerjaan manusia dan mengembangkan berbagai aspek kehiduan manusia.

    Berikut contoh kunci jawaban materi tema 3 kelas 6 mengenai dampak perkembangan komputer bagi manusia hingga saat ini, yaitu: 

    • Memudahkan pekerjaan manusia

    Komputer dapat mempermudah pekerjaan manusia. Dengan menggunakan komputer, manusia bisa mengetik, menyimpan, mengirim, dan menerima dokumen, melakukan perhitungan yang cepat juga akurat, sekaligus mengurangi biaya untuk penggunaan kertas dan alat tulis lainnya.

    Baca juga: Dampak Ditemukan Komputer dalam Bidang Pendidikan

    • Kemudahan komunikasi

    Dampak perkembangan komputer yang mudah terlihat adalah kemudahan komunikasi. Jika jaman dahulu manusia hanya bisa berkirim surat dengan orang satu negara, saat ini manusia bisa berkomunikasi dengan seluruh orang di dunia karena komputer.

    Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
    Daftarkan email

    Internet sebagai pengembangan komputer menghubungkan manusia dari seluruh penjuru dunia dan memudahkan mereka untuk saling berkomunikasi. Menurut Statista, sekitar 4,66 miliar orang atau 59,5 persen manusia secara aktif terhubung dalam internet.

    • Mempermudah akses informasi

    Internet selain menghubungkan manusia, juga mempermudah akses informasi. Internet memungkinkan manusia untuk mengakses segala jenis informasi baik yang bersifat ilmiah, politik, budaya, hiburan, dan juga bisnis.

    Kemudahan akses informasi tersebut dapat menambah pengetahuan dan memajukan pendidikan.

    • Membuat pekerjaan lebih praktis

    Penemuan dan perkembangan komputer, menjadikan pekerjaan manusia lebib praktis. Dilansir dari The Guardian, dengan komputer professional dapat bekerja lebih efektif di mana saja tanpa perlu ke kantor.

    Dengan komputer, manusia dapat bekerja di dataran tinggi, dataran rendah, hingga daerah terpencil yang jauh dari kota.

    Baca juga: Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa

    Halaman:

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.