Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Perkembangan Komputer

Kompas.com - 22/09/2021, 11:30 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Komputer merupakan perangkat elektronik yang terus berkembang sejak penemuannya. Perkembanga komputer memberikan dampak yang sangat besar bagi kehidupan manusia.

Apa dampak perkembangan komputer bagi manusia? Dampak utama perkembangan komputer bagi manusia adalah memudahkan pekerjaan manusia dan mengembangkan berbagai aspek kehiduan manusia.

Berikut contoh kunci jawaban materi tema 3 kelas 6 mengenai dampak perkembangan komputer bagi manusia hingga saat ini, yaitu: 

  • Memudahkan pekerjaan manusia

Komputer dapat mempermudah pekerjaan manusia. Dengan menggunakan komputer, manusia bisa mengetik, menyimpan, mengirim, dan menerima dokumen, melakukan perhitungan yang cepat juga akurat, sekaligus mengurangi biaya untuk penggunaan kertas dan alat tulis lainnya.

Baca juga: Dampak Ditemukan Komputer dalam Bidang Pendidikan

  • Kemudahan komunikasi

Dampak perkembangan komputer yang mudah terlihat adalah kemudahan komunikasi. Jika jaman dahulu manusia hanya bisa berkirim surat dengan orang satu negara, saat ini manusia bisa berkomunikasi dengan seluruh orang di dunia karena komputer.

Internet sebagai pengembangan komputer menghubungkan manusia dari seluruh penjuru dunia dan memudahkan mereka untuk saling berkomunikasi. Menurut Statista, sekitar 4,66 miliar orang atau 59,5 persen manusia secara aktif terhubung dalam internet.

  • Mempermudah akses informasi

Internet selain menghubungkan manusia, juga mempermudah akses informasi. Internet memungkinkan manusia untuk mengakses segala jenis informasi baik yang bersifat ilmiah, politik, budaya, hiburan, dan juga bisnis.

Kemudahan akses informasi tersebut dapat menambah pengetahuan dan memajukan pendidikan.

  • Membuat pekerjaan lebih praktis

Penemuan dan perkembangan komputer, menjadikan pekerjaan manusia lebib praktis. Dilansir dari The Guardian, dengan komputer professional dapat bekerja lebih efektif di mana saja tanpa perlu ke kantor.

Dengan komputer, manusia dapat bekerja di dataran tinggi, dataran rendah, hingga daerah terpencil yang jauh dari kota.

Baca juga: Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa

  • Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi

Dilansir dari American Scientist, komputer menjadi alat penting di setiap cabang ilmu pengetahuan. Perkembangan komputer yang mempermudah kerja manusia, mengembangkan ilmu pengetahuan dan juga teknologi manusia.

Dengan adanya komputer, manusia bisa mengembangkan teknologi seperti alat transportasi, ponsel pintar, mesin otomatis, sensor otomatis, sistem keamanan, instrumen diagnostik dan juga pengobatan dalam bidang medis, dan masih banyak lagi.

  • Penyalahgunaan komputer

Salah satu dampak buruk dari perkembangan komputer bagi manusia adalah penyalahgunaan komputer, misalnya penindasan dunia maya. Dilansir dari BBC, penindasan dunia maya adalah ancaman, penghinaan, hingga komentar yang bertujuan untuk menindas orang lain.

Selain penindasan dunia maya, dampak buruk penyalahgunaankomputer adalah peretasan, penipuan digital, juga penyebaran informasi yang salah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com