Kompas.com - 22/09/2021, 11:00 WIB
Ilustrasi perkembangan komputer dari masa ke masa freepik.com/ vectorpocketIlustrasi perkembangan komputer dari masa ke masa

KOMPAS.com – Komputer terus berkembang dari masa ke masa berasama dengan peradaban manusia. Dilansir dari Live Science, komputer pertama kali dibuat untuk memecahkan krisis angka yang serius.

Pada masa itu, manusia kesulitan menghitung sensus penduduk karena populasi Amerika Serikat yang membludak. Sehingga pada awalnya komputer dibuat untuk membantu manusia berhitung.

Namun, seiring berjalannya waktu, komputer terus berkembang. Dari yang hanya bisa menghitung, sekarang komputer bisa menayangkan film, mengedit video, melakukan simulasi, dan juga prediksi dalam bidang ilmu pengetahuan.

Alasan komputer mengalami perkembangan

Mengapa komputer terus berkembang? Komputer terus berkembang, karena ilmu pengetahuan dan teknologi manusia terus berkembang.

Semakin berkembang suatu ilmu pengetahuan, maka akan semakin berat pekerjaan yang harus dilakukan dalam bidang tersebut.

Baca juga: Dampak Ditemukan Komputer dalam Bidang Pendidikan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sehingga komputer harus dikembangkan agar bisa terus menjalankan tugas manusia yang semakin banyak dan semakin rumit. Komputer juga dikembangkan guna memenuhi kebutuhan manusia yang semakin banyak.

Dikutip dari The Insider, komputer pada masa Perang Dunia II yaitu Eniac memiliki berat 30 ton dan menempati ruang seluas 1.500 kaki persegi. Komputer super besar tersebut membantu militer untuk menganalisis balistik.

Komputer ringan pertama

Seiring berjalannya waktu, komputer berkembang menjadi lebih kecil dan lebih banyak kegunaan. Komputer pribadi pertama yang memiliki layar dan keyboard dinamakan Xerox Alto.

Xerox Alto membantu manusia untuk mengetik, menyimpan dokumen, dan juga mengirimnya melalui surat elektronik.

Sejak saat itu komputer terus berkembang dikarenakan prosesornya yang semakin canggih, memori penyimpanan yang semakin besar, juga komponen elektronik yang semakin kecil.

Contoh komponen elektronik yang semakin kecil adalah penemuan transistor yang menggantikan tabung vakum pada komputer awal.

Baca juga: Bagaimana jika Komputer tidak Ditemukan?

Dilansir dari Scientific American, komputer dibuat dengan kinerja yang lebih cepat dengan cara yang lebih sederhana untuk mengurangi ukurannya yang dilakukan selama bertahun-tahun. Hingga saat ini kecepatan transfer data komputer sebanding dengan kecepatan cahaya atau gerak elektron.

Sehingga terciptalah komputer dengan berat yang lebih ringan, kecepatan mengirim data yang lebih cepat, dan fungsi yang lebih beragam.

Memungkinkan manusia melakukan berbagai macam kegiatan seperti pemrograman robot dan mesin otomatis, membuat dan mengedit video, menggambar dan membuat ilustrasi, mengolah dan menyimpan data dalam jumlah besar, melakukan simulasi dan prediksi ilmiah, juga menggunakan media sosial.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.