Kompas.com - 21/09/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi dampak komputer bagi pendidikan freepik.com/pikisuperstarIlustrasi dampak komputer bagi pendidikan

KOMPAS.com - Penemuan komputer membawa dampak dalam bidang pendidikan. Dampak ini ada yang sifatnya positif atau bermanfaat, tetapi ada juga yang negatif atau merugikan.

Mengutip dari buku Pengantar Teknologi Informasi untuk Bisnis (2005) karya M. Suyanto, komputer ditemukan pada 1822, oleh Charles Babbage, seorang ahli matematika asal Inggris.

Awalnya Charles hanya berinovasi untuk menciptakan sebuah mesin hitung bertenaga uap. Namun, ternyata penemuannya ini menjadi cikal bakal komputer yang sampai saat kita gunakan.

Dampak komputer dalam bidang pendidikan

Dalam buku Pengembangan Teknologi Pendidikan Berbasis Multimedia dalam Meningkatkan Minat Belajar (2021) karya Winda Anggriyani Uno, disebutkan jika dalam bidang pendidikan, komputer digunakan sebagai sarana belajar.

Artinya komputer dimanfaatkan untuk membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Contohnya komputer dipakai untuk mengerjakan tugas, mengetik tugas, mencari materi pembelajaran di internet, dan lain sebagainya.

Baca juga: Sistem Operasi Komputer: Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Contohnya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, dampak lain komputer dalam bidang pendidikan adalah kemudahan proses belajar mengajar. Adanya komputer memudahkan guru untuk menjelaskan materi, contohnya lewat multimedia, seperti animasi, video, dan lainnya.

Walau memiliki dampak positif, penemuan komputer di bidang pendidikan juga menimbulkan dampak negatif.

Menurut Deni Hardianto dalam jurnal Pemanfaatan Software Komputer untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi (EQ) Anak (2008), dampak negatif dari penemuan komputer dalam bidang pendidikan adalah mengurangi kemampuan bersosialisasi siswa atau guru.

Artinya proses pembelajaran yang dilakukan lewat komputer, hanya sedikit melibatkan interaksi sosial antara guru dan siswa. Akibatnya kemampuan mereka untuk bersosialisasi menurun atau terdampak.

Dampak positif dan negatif komputer 

Jika dirangkum, ada dua dampak positif dan negatif dari penemuan komputer dalam bidang pendidikan, yakni:

  • Dampak positif ditemukannya komputer dalam bidang pendidikan

Beberapa dampak positif ditemukannya komputer untuk bidang pendidikan adalah:

  1. Memudahkan guru dan siswa dalam proses pembelajaran
    Guru bisa dengan mudah membuat materi yang ingin disampaikan. Sedangkan murid dimudahkan untuk belajar dan mengerjakan tugas.
  2. Kemudahan dalam proses belajar mengajar
    Tidak hanya membantu proses belajar, adanya komputer juga memudahkan pencarian informasi, penyusunan jadwal pelajaran, pembuatan daftar nilai, absensi, dan lain sebagainya.

Baca juga: Jaringan Komputer: Pengertian dan Manfaatnya

  • Dampak negatif ditemukannya komputer dalam bidang pendidikan

Sedangkan dampak negatif adanya komputer dalam dalam bidang pendidikan yaitu:

  1. Membuat kemampuan bersosialisasi menurun
    Penemuan komputer dalam bidang pendidikan dapat menurunkan kemampuan bersosialisasi antara guru dan siswa. Hal ini bisa disebabkan oleh pemberian materi lewat komputer, serta pengerjaan dan pengumpulan tugas lewat internet.
  2. Kecanduan bermain komputer
    Selain menurunkan kemampuan bersosialisasi, penemuan komputer dalam bidang pendidikan juga menyebabkan kecanduan. Oleh karena selalu berhadapan dengan komputer, siswa dan guru menjadi selalu tergantung dan mengadalkan komputer dalam proses belajar mengajar.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.