Kompas.com - 21/09/2021, 15:30 WIB
Ilustrasi jika komputer tidak ditemukan KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi jika komputer tidak ditemukan

KOMPAS.com - Penemuan komputer telah membawa perubahan besar bagi kehidupan masyarakat. Aktivitas atau pekerjaan yang dilakukan manusia terasa lebih mudah dengan adanya komputer.

Dikutip dari buku Pengantar Aplikasi Komputer (2021) oleh Agus Sudarsono, komputer membantu manusia dalam menjalankan kegiatan sehari-harinya.

Ada banyak dampak positif dan negatif yang bisa dirasakan dari penemuan komputer. Sebagai contoh dampak positifnya adalah membantu pengerjaan tugas sekolah atau pekerjaan. Sedangkan dampak negatifnya bisa menimbulkan rasa kecanduan.

Apa yang terjadi jika komputer tidak ditemukan?

Menurut Ali Chaerudin dan kawan-kawan dalam buku Pilar Utama Kegiatan Opersional Organisasi (2020), penemuan komputer memudahkan manusia dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Baca juga: Apa Manfaat Komputer bagi Kehidupan Masyarakat?

Jika komputer tidak ditemukan, hal ini akan menyulitkan manusia dalam melakukan berbagai tugasnya. Selain itu, kegiatan sehari-hari yang seharusnya bisa dilakukan dengan cepat memakai komputer, akan menjadi terhambat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tidak ditemukannya komputer juga menghambat proses komunikasi serta penyampaian informasi. Contohnya manusia tidak bisa berkomunikasi atau mengirim data penting menggunakan email, serta peralatan lainnya, seperti flash disk, hard disk, atau semacamnya.

Apabila dirangkum, setidaknya ada empat hal yang akan terjadi jika komputer tidak ditemukan:

  • Manusia kesulitan dalam menjalankan aktivitasnya

Penemuan komputer memberi kemudahan pada manusia untuk melakukan berbagai hal. Jika tidak ditemukan, manusia akan kesulitan dalam melakukan berbagai aktivitasnya, seperti sekolah atau bekerja.

  • Terhambatnya aktivitas manusia

Tidak ditemukannya komputer akan menghambat aktivitas manusia. Sebagai contoh dengan adanya komputer, manusia bisa mengirimkan data lewat email. Namun, ketika tidak ada komputer, manusia harus mengirimkannya lewat pos.

Baca juga: Jenis-Jenis Perangkat Penyimpanan di Sistem Komputer

  • Sulit menyimpan dokumen

Selain menyulitkan manusia, tidak ditemukannya komputer akan membuat penyimpanan dokumen menjadi lebih susah.

Contohnya jika tidak ada komputer, manusia akan menulis dan menyimpan dokumen secara manual. Namun, ketika ada komputer, manusia hanya perlu menyimpannya dalam bentuk file di sebuah folder.

  • Pekerjaan menjadi tidak efisien dan efektif

Hal lain yang akan terjadi jika komputer tidak ditemukan adalah pekerjaan menjadi tidak efisien dan efektif. Waktu manusia hanya dihabiskan untuk mengerjakan, menulis, menyimpan, mengolah, dan mengirim data secara manual.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.