Kompas.com - 17/09/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi dampak menonton televisi freepik.comIlustrasi dampak menonton televisi

KOMPAS.comTelevisi telah membawa pengaruh positif dan negatif dalam kehidupan masyarakat. Pengaruh positif berarti memberi manfaat. Sedangkan pengaruh negatif dapat menimbulkan dampak buruk.

Menurut Sutisno dalam buku Pedoman Praktis Penulisan Skenario Televisi dan Radio (1993), televisi adalah sistem komunikasi menggunakan rangkaian gambar elektronik yang ditampilkan secara berurutan dengan menampilkan audio atau suara.

Pengaruh positif dan negatif televisi

Berikut contoh kunci jawaban materi tematik 3 kelas 6 mengenai pengaruh positif dan negatif televisi bagi kehidupan masyarakat

  • Pengaruh positif televisi terhadap kehidupan masyarakat

Dalam buku Anak vs Media: Kuasailah Media Sebelum Anak Anda Dikuasainya (2008), disebutkan beberapa pengaruh positif televisi, yakni:

  • Mendapatkan informasi dengan mudah

Pengaruh positif televisi adalah kemudahan untuk mendapatkan informasi. Lewat televisi, kita bisa mengetahui peristiwa yang sedang terjadi di berbagai negara. Contohnya siaran olimpiade, piala dunia, dan lain sebagainya.

Baca juga: Dampak Sikap Bijaksana Terhadap Tumbuhan bagi Lingkungan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Menambah ilmu pengetahuan

Siaran televisi juga bisa menambah ilmu pengetahuan kita tentang bidang pendidikan, sosial, budaya, ekonomi, hingga politik. Contohnya siaran wisata di Indonesia, yang menambah pengetahuan kita tentang keindahan wilayah Indonesia.

  • Munculnya kreativitas

Televisi juga memberi pengaruh positif berupa munculnya kreativitas. Beberapa siaran televisi yang sifatnya mendidik bisa menambah kreativitas kita. Contohnya siaran tentang permainan tradisional, yang memunculkan kreativitas untuk membuat permainan tradisional.

  • Pengaruh negatif televisi terhadap kehidupan masyarakat

Walau memiliki beberapa pengaruh positif bagi kehidupan masyarakat, ternyata televisi juga memberi sejumlah pengaruh negatif. Apa sajakah itu?

  • Malas melakukan aktivitas lainnya

Siaran televisi terkadang membuat kita terlalu asyik hingga lupa atau malas melakukan hal lainnya. Contoh menjadi malas belajar, malas mengerjakan tugas, malas membersihkan rumah, dan malas menolong orang tua karena terlalu asyik menonton televisi.

  • Banyak siaran televisi yang tidak cocok ditonton anak-anak

Kita harus mampu memilah mana siaran televisi atau informasi yang cocok untuk anak-anak, khususnya pelajar. Karena terkadang ada siaran yang memuat konten yang tidak pantas, seperti kekerasan, bullying, dan lain sebagainya.

Baca juga: Dampak Menanam Tumbuhan bagi Lingkungan dan Orang Lain

  • Pengaruh asing mudah masuk

Pengaruh negatif lain dari televisi adalah mudah masuknya pengaruh asing yang ditampilkan dalam beberapa program acaranya. Contohnya film luar negeri yang menampilkan adegan kekerasan. Apabila tidak ditanggapi dengan serius, pengaruh asing ini bisa menimbulkan dampak buruk bagi kehidupan masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.