Kompas.com - 17/09/2021, 13:30 WIB
Pertunjukan tari Bali memeriahkan hari raya Kuningan di Pura Sakenan, Pulau Serangan, Denpasar, Bali, Sabtu (8/9/2012). Hari raya Kuningan menutup rangkaian hari raya Galungan yakni 10 hari sesudahnya. Kata kuningan sendiri memiliki makna ka-uningan yang artinya mencapai peningkatan spiritual dengan cara introspeksi agar terhindar dari mara bahaya.  KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Pertunjukan tari Bali memeriahkan hari raya Kuningan di Pura Sakenan, Pulau Serangan, Denpasar, Bali, Sabtu (8/9/2012). Hari raya Kuningan menutup rangkaian hari raya Galungan yakni 10 hari sesudahnya. Kata kuningan sendiri memiliki makna ka-uningan yang artinya mencapai peningkatan spiritual dengan cara introspeksi agar terhindar dari mara bahaya.

KOMPAS.com – Tari merupakan karya seni gerak yang merupakan perwujudan kebudayaan suatu daerah.

Menurut M. Jazuli dalam buku Telaah Teoritis Seni Tari (1994) menyebutkan bahwa ada empat fungsi tari bagi masyarakat yaitu tari sebagai upacara, tari sebagai hiburan, tari sebagai pertunjukan, dan tari sebagai pendidikan.

Sehingga salah satu fungsi tari bagi masyarakat adalah sebagai media hiburan. Seni tari yang tidak mementingkan keindahan melainkan untuk kepuasan individu sehingga bersifat spontanitas adalah fungsi seni tari sebagai media hiburan.

Endang Ratih dalam jurnal Fungsi Tari Sebagai Seni Pertunjukan (2001) menyebutkan tari sebagai media hiburan mempunyai maksud untuk memberikan kesempatan bagi penonton yang mempunyai kegemaran menari atau menyalurkan hobi dan mengembangkan keterampilan atau tujuan-tujuan yang kurang menekankan nilai seni (komersil).

Hal tersebut kareana fungsi seni tari sebagai media hiburan bertujuan untuk menghibur masyarakat, memeriahkan juga merayakan suatu pertemuan.

Baca juga: Makna Tari Lego-Lego dari Nusa Tenggara Timur

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di mana seseorang dalam pertemuan bisa ikut menari untuk mengekspresikan perasaannya tanpa harus khawatir tentang keindahan gerakannya.

Ciri-ciri fungsi tari sebagai media hiburan

Menurut Supardjan dalam buku Pengantar Pengetahuan Tari (1983) ciri-ciri fungsi tari sebagai hiburan adalah:

  1. Perasaan bahagia dan gembira menjadi hal utama
  2. Gerakan tari yang sederhana
  3. Gerakan tari yang mudah dipelejari
  4. Gerakan tari yang memungkinkan spontanitas
  5. Ritme yang sangat mudah, jelas, juga merangsang keinginan menari
  6. Iringan musik vokal yang praktis (musik yang sederhana baik hanya tepuk tangan maupun nyanyian)
  7. Konstum tarian yang bebas
  8. Tata panggung dan proporsi bersifat bebas dan bisa diselenggarakan di mana saja

Contoh fungsi tari sebagai media hiburan

Contoh fungsi tari sebagai media hiburan bagi masyarakat adalah Tari Doger Kontrak yang berasal dari daerah Subang.

Menurut Derra Dwi Dessyani dan Lia Amelia dalam jurnal Tari Doger Kontrak (2018) istilah Doger menunjuk pada penari wanita yang disebut ronggeng dalam kesenian Ketuk Tilu, sementara kontrak merujuk pada pegawai kontrak yang bekerja di sebuah perkebunan kina di Jawa Barat.

Baca juga: Gerakan dan Pola Lantai Tari Merak

Dalam Tari Doger kontrak, seorang ronggeng akan menari untuk menghibur rakyat, berkeliling dari satu tempat ke tempat lainnya.

Para pekerja dan masyarakat juga bisa ikut menari secara spontan untuk meramaikan Tari Doger Kontrak. Masyarakar yang ikut menari tak perlu pusing dengan gerakan atau pakaian, mereka dengan bebas bisa mengekspresikan dirinya untuk bergembira bersama-sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.